Hary Tanoe Hanya Biayai Caleg Pintar

Hary Tanoe Hanya Biayai Caleg Pintar

JAKARTA \" Hary Tanoesoedibjo memastikan akan membiayai calon anggota legislatif (caleg) Partai Hanura yang akan berlaga pada pemilu legislatif. Namun, tidak semua caleg Hanura akan mendapat dukungan modal dari Hary Tanoe. CEO MNC Group yang kini ketua Dewan Pertimbangan Partai Hanura itu mengajukan syarat ketat bagi caleg yang ingin mendapatkan dukungan darinya.

\"Secara pribadi saya akan bantu caleg. Kalau ada caleg pintar dan bisa mewakili konstituennya, saya siap bantu,\" ujar Hary Tanoe saat berkunjung ke ruang Fraksi Partai Hanura di gedung parlemen, Jakarta, kemarin (28/2). Dalam kunjungan itu Hary Tanoe didampingi Ketua Umum Partai Hanura Wiranto. Sejumlah anggota Fraksi Partai Hanura juga hadir.

Menurut Hary Tanoe, dukungan kepada caleg merupakan pertimbangan pribadinya. Dia akan memantau langsung caleg yang mendapat dukungan darinya. \"Itu case by case. Berapa nantinya semampu saja. Keberadaan saya akan all-out,\" ujarnya.

Hary Tanoe juga menyebut bahwa iklan televisi untuk Hanura sudah diatur. Meski keberadaannya penting, iklan itu hanya bisa untuk meningkatkan popularitas. \"Iklan hanya memiliki arti masyarakat tahu ada partai itu,\" ujarnya.

Keberadaan iklan, lanjut dia, bukan penentu untuk menaikkan elektabilitas. Sumber daya kader internal Partai Hanura memiliki tanggung jawab menaikkan itu. \"Itu tugas anggota partai sendiri. Itu yang dikatakan elektabilitas,\" ujarnya.

Di tempat yang sama, Wiranto membenarkan dukungan penuh Hary Tanoe kepada partai yang dipimpinnya Namun, Wiranto tidak mau membeber besaran dana dari Hary Tanoe kepada caleg Partai Hanura. \"Soal jumlah itu urusan dalam. Kalau banyak dibilang sombong, kalau sedikit dikira melarat. Kita selesaikan secara adat di dalam,\" ujar Wiranto.

Menjelaskan terkait kedatangannya, Wiranto menyatakan pertemuan itu merupakan silaturahmi antara DPP dan Fraksi Partai Hanura. Dirinya mengajak Wantim untuk mengetahui berbagai kondisi, seluruh aktivitas, termasuk kondisi struktur Hanura. \"Untuk mengetahui apa yang belum dan sudah dilakukan. Dengan demikian, ada satu pengintegrasian dalam pelaksanaan yang cukup ketat,\" ujarnya.

Menurut Wiranto, posisi Hanura sebagai salah satu peserta pemilu patut disyukuri. Ini karena lebih dari delapan parpol yang siap bergabung dengan Hanura. Tidak cukup di situ, masih ada tiga parpol yang sudah ditemui siap bergabung ke Hanura. \"Ini patut disyukuri, mereka tidak kosong masuk. Mereka membawa teman-teman yang lebih dulu duduk di DPRD,\" ujar Wiranto. Mantan Panglima ABRI itu menyebut bergabungnya Hary Tanoe memberikan banyak anugerah kepada Hanura.

Sementara itu, saat ditanya tentang kunjungannya ke kediaman mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, merupakan ajakan untuk bergabung ke Persatuan Indonesia (Perindo), ormas yang baru dideklarasikan, Hary Tanoe menjawab itu sebatas rumor. Bergabungnya seseorang ke sebuah ormas bukan berdasar paksaan atau permintaan. \"Saya berprinsip pemaksaan itu tidak ada gunanya. Mas Anas tidak pernah saya ajak ke Perindo,\" ujarnya.

(bay/c2/agm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: