65 Persen Tahura Jadi Kebun

65 Persen Tahura Jadi Kebun

     Untuk itu sambungnya, untuk mengatasi hal tersebut instansi terkait harus bekerja sama benar-benar serius menanggapi lahan tahura yang djadikan kebun masyarakat.

“Antisipasinya, yang pertama jangan sampai ada lahan perkebunan baru, kemudian lakukan pendekatan dengan pemilik kebun, guna menyikapi hal tersebut,” pungkasnya.

(adi)

Yang paling banyak terdapat hutan tahura adalah dikecamatan muarabulian hampir sekitar 50 prsen, yang kedua  kecamatan bhatin, kemudian kecamatan maro tembesi, sedangkan bajubang hanya sedikit, .namun jumlah angka pasti luas hutan tahura di tiap kecamatan ia belum mngetahuinya, .ujar kamal ilyas SE, kabid program dan penataan kawasan.

Sementara itu lurah sridadi,kecamatan muarabulian,  ahmad riadi mengatakan, bahwa selama ini ia tidak mengatahui bahwa dikawasan hutan tahura yang terdapat di sridadi selama ini terdapat kebun karet, bisa jadi yang mempunyai kebun karet atau sawit itu adalah warga pendatang dari luar batanghari setelah ada temuan dari dishut kemarin, karena untuk warganya sendiri, ia  rasa tidak mungkin, karena ia dari semenjak menjabat menjadi lurah sridadi, ia selalu mensosialisasikan kepada warga, baik dalam diwaktu acara pengajian, maupun acara lainnya, selalu mengingatkan kepada warga, agar bagi yang ingin membuka lahan perkebunan supaya jangan tersentuh langsung dengan lahan yang menyangkut dengan hukum, atau lahan dikawasan hutan tahura, . Inilah yang selama ini kami lakukan untuk mengantisipasi agar lahan hutan tahura dapat terjaga. .

(Adi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: