Selamat Jalan Bang Taufiq

Selamat Jalan Bang Taufiq

                Menjelang pintu keluar, SBY disambut oleh Ketua umum Partai Golkar Aburizal Bakrie. Sambil tetap berjabat tangan, keduanya tampak terlibat pembicaraan. Obrolan singkat itu berlangsung tidak sampai semenit, dan SBY kembali berjalan menuju mobilnya disusul dengan para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

       Selain para kader PDIP, sejumlah tokoh juga banyak yang turut dalam pemakaman tersebut. Termasuk, beberapa pejabat. Diantara yang terlihat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin, dan Menteri Luar Negeri Marti Natalegawa.

       Sebelumnya, jenasah Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufiq Kiemas disemayamkan di hangar Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma kemarin (9/6). Peti jenasah Kiemas dan rombongan keluarga inti seperti Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani tiba di hangar Skuadron Udara 17 pada pukul 09.50 WIB. Peti jenasah yang tiba dengan menggunakan Pesawat TNI AU Hercules C130 tersebut langsung disambut oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden Budiono serta beberapa petinggi PDIP sebelum akhirnya disholatkan.

       Selain itu, sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2 dan politisi juga hadir dalam persemayaman tersebut. Di antaranya Menteri Tenaga Kerja Muhaimin Iskandar, Menteri Koodinator Perekonomian Hatta Rajasa, Wakil Ketua DPR Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Sekjen PDIP Tjahyo Kumolo, dan mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie.

       Tjahyo mengatakan acara persemayaman Kiemas di Lanud Halim Perdana Kusuma merupakan permintaan dari pihak keluarga Taufiq Kiemas sendiri. \"Persemayaman di Gedung DPR/MPR itu tidak perlu dilakukan,\" ujarnya kemarin.

       Tidak beberapa lama setelah disholatkan, Presiden SBY langsung meninggalkan hangar menuju ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata untuk menyambut jenasah Kiemas di sana. Sementara itu Wapres Budiono tetap berada di hangar untuk menjadi inspektur upacara pelepasan jenasah ke TMP Kalibata.

       Jenasah Kiemas dilepas melalui upacara militer di hangar skuadron Udara 17 Lanud Halim Perdana Kusuma. Upacara yang dipimpin oleh Budiono tersebut berlangsung dengan khidmat. \"almarhum diserahkan dari pihak keluarga kepada pemerintah untuk diupacarakan secara militer,\" ucapnya saat memimpin upacara.

       Peti jenasah yang diselimuti oleh bendera merah putih tersebut langsung dibawa oleh delapan anggota pasukan Paskhas dari TNI Angkatan Udara untuk dimasukkan ke mobil jenasah menuju TMP Kalibata.

       Taufiq Kiemas yang bernama asli Tastafvian Kiemas meninggal dalam usia 70 tahun. Taufiq meninggalkan seorang istri, Megawati Soekarnoputri dan dan tiga orang anak, yaitu Mohammad Rizki Pratama, Mohamad Prananda Prabowo, dan Puan Maharani Nakshatra Kusyala.

(dyn/byu/dod)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: