Navigasi Mati, Pesawat Tabrak Landasan

Navigasi Mati, Pesawat Tabrak Landasan

 Dalam pernyataan resmi yang dirilis kemarin, kepala Maskapai Asiana mengatakan, pihaknya tidak memercayai adanya masalah pada mesin yang mengakibatkan kecelakaan dan gagalnya pendaratan. Namun demikian, maskapai juga tidak menunjuk penyebab kecelakaan adalah kesalahan pilot. Asiana menjelaskan, salah seorang di antara tiga kapten yang bertugas sudah memiliki lebih dari 10 ribu jam terbang.

 Pejabat federal dari Washington sedang melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kecelakaan.

 Kepala Pemadam Kebakaran San Francisco Joanne Hayes-White mengonfirmasi, dua orang tewas lantaran peristiwa tersebut. Sementara itu, kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan, dua korban tewas adalah remaja Tiongkok, Ye Mengyuan dan Wang Linjia. Dua gadis 16 tahun itu sedang melakukan study tour ke AS bersama 34 teman dan dua guru satu sekolah. Sekitar 181 penumpang\"telah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemulihan, kondisi 49 di antaranya parah.

 Kerugian lantaran kecelakaan pesawat Boeing 777 milik maskapai Asiana Airlines di Bandara Internasional San Francisco ditanggung sembilan perusahaan asuransi, termasuk LIG Insurance Co., Ltd, perusahaan asuransi umum asal Korea Selatan.

 Presiden AS Barack Obama telah memerintah timnya untuk tetap melakukan kontak terus-menerus dengan mitra lokal, negara bagian, dan federal sebagai reaksi atas kecelakaan pesawat di San Francisco, California. \"Presiden menyampaikan terima kasihnya kepada orang yang pertama menanggapi (kecelakaan tersebut) dan menginstruksi timnya agar tetap melakukan kontak konstan dengan mitra lokal, negara bagian, dan federal saat mereka menyelidiki dan bereaksi atas peristiwa ini,\" kata Gedung Putih.

(ap/rtr/bbc/cnn/c10/kim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: