CEO Microsoft Berenca Mundur

CEO Microsoft Berenca Mundur

CALIFORNIA -- Steve Ballmer, CEO Microsoft menyatakan bakal pensiun dari perusahaan perangkat lunak tersebut. Ballmer, 57, telah memimpin perusahaan menggantikan pendiri Microsoft Bill Gates sejak tahun 2000.

\"Inilah waktu yang tepat untuk melakukan transisi,\" kata Ballmer seperti yang dilansir BBC, Jumat (23/8).

Microsoft tidak menyebut nama penggantinya, namun  Ballmer tidak akan munduru sebelum ada penggatinya.

Menurutnya, Microsoft membutuhkan CEO baru untuk memusatkan perhatian menuju penjualan perangkat teknologi dan jasa. Microsoft selama ini meraup untung sangat besar, tetapi menghadapi persaingan signifikan dalam pasar komputer tablet dan smartphone.

Perusahaan itu kesulitan dalam era penurunan penjualan komputer pribadi yang sejak lama didukung perangkat lunak terkenal Microsoft, Windows. Saham Microsoft naik lebih dari tujuh persen menanggapi berita pensiun Ballmer. Microsoft tidak menyebut nama penggantinya, namun  berencana tetap di perusahaan itu sampai ada penggantinya.

Ballmer dan Gates pertama kali bertemu tahun 1973 ketika sama-sama tinggal di asrama Harvard University. Ballmer bergabung dengan Microsoft tahun 1980, memimpin beberapa divisi selama 30 tahun terakhir dan menjadi salah seorang penasihat utama Gates sebelum akhirnya menggantikannya.

Bloomberg menyatakan, Ballmer adalah orang terkaya ke-47 di dunia, dengan kekayaan USD 16 miliar.

 (esy/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: