Hujan Rekor Marquez

Hujan Rekor Marquez

BRNO - Belum resmi menjadi juara MotoGP 2013, Marc Marquez sudah pasti menyandang predikat bersejarah lainnya. Pembalap yang memperkuat Repsol Honda itu resmi dinobatkan sebagai rookie alias debutan terbaik di Grand Prix balap motor kelas premier. Itu didapatkannya setelah mereiah kemenangan kelima di MotoGP.

                Marquez kembali menunjukkan kehebatannya di Sirkuit Brno, Republik Ceko, kemarin. Dia kembali mengalahkan Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo. Kemenangan tersebut juga memperpanjang rekor kemenangan beruntun yang dicetaknya jadi empat kali.

                \"Saya menikmati kemenangan, tai juga pertarungand engan Jorge, juga Dani. Jadi, saya sangat gembira. Jorge dan Yamaha sangat kuat di sini dan Dani menang tahun lalu. Saya tak mengira bakal menang,\" ujar Marquez.

                Kemenangan kelima tersebut merupakan jumlah terbanyak yang bisa diciptakan seorang rookie kelas premier. Dengan musim yang masih menyisakan tujuh balapan lagi, Marquez masih berpeluang memperpanjang catatan itu.Rekor rookie sebelumnya hanya empat kali kemenangan dalam satu musim.

                Rekor empat kemenangan itu dipegang Kenny Roberts, yang merengkuh empat kemenangan pada musim debut di kelas 500cc musim 1978. Roberts pula yang mencatatkan diri sebagai pembalap terakhir yang langsung menjadi juara dunia di kelas primer sebagai rookie.

                Catatan Roberts sebagai rookie yang langsung juara juga sudah didekati Marquez. Saat ini, pembalap 20 tahun itu kian kukuh di puncak klasemen sementara. Dengan 213 poin, dia unggul 26 poin dari Pedrosa dan 44 poin dari Lorenzo yang berada di posisi kedua dan ketiga.

                Selain itu, kemenangan beruntun empat kali juga memberinya bonus rekor. Setelah menjadi pembalap termuda yang meraih tiga kemenangan beruntun melalui kemenangannya di MotoGP Indianapolis pekan lalu, kini dia juga meraih predikat pembalap termuda yang meraih empat kemenangan beruntun di kelas primer.

                Sebelumnya, rekor pebalap termuda dengan empat kemenangan beruntun dimiliki oleh Mike Hailwood, di mana dia pernah jadi juara di empat seri beruntun pada musim 1962 dalam usia 22 tahun dan 139 hari. Sementara usia Marquez kemarin 20 tahun dan 189 hari.

                Tak peduli banyak yang mengatakan Marquez mendapatkan keuntungan atas cedera yang dialami oleh Pedrosa dan Lorenzo dalam beberapa lomba terakhir, yang pasti Marquez tak mengendurkan tekanannya saat mereka telah pulih. Apalagi, Marquez kini sudah semakin di atas angin untuk terus meraih kemenangan.

(ady)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: