Infografis Senjata Andalan Baru Koran Hadapi Persaingan

 Infografis Senjata Andalan Baru Koran Hadapi Persaingan

 Naskah berita yang bagus dan foto yang berkualitas tidak cukup untuk menarik orang agar membaca. Infografis menjadi daya tarik yang tidak terkalahkan untuk memaparkan data dengan cara yang lebih menarik.

 Nah, Jawa Pos sudah menyadari bahwa infografis merupakan hal yang penting selain naskah dan fotografi. Terbukti, koran terbesar ini sudah mendidik desainer infografis sejak satu dekade lalu dengan membuka program Sekolah Kreatif Khusus Media (SKKM).

 Deputy CEO WAN-IFRA Jerman Manfred Werfel menyatakan, saat ini pengiklan di media cetak tidak sekadar memesan space untuk beriklan. Tapi, mereka ingin dampak yang lebih jauh. Yakni, menanamkan kesan mendalam terhadap produk atau jasa. Koran harus berinovasi agar bisa memenuhi kebutuhan klien.

 Banyak peluang yang bisa dieksplorasi media cetak untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sebab, hanya media cetak yang bisa mengombinasikan lima aspek sekaligus. \"Yaitu, melihat, mendengar, menyentuh, merasakan, dan membau,\" jelasnya.

 Pada sesi diskusi, Mahfuz Anam, editor The Daily Star, Bangladesh, menyebutkan, berita bisa didapat dari mana saja, khususnya internet. Tapi, kepercayaan (trust) sangat esensial. Sebab, itu adalah kunci mempertahankan kepercayaan pembaca. \"Jurnalis dapat berita harus verifikasi dan diolah supaya menarik dibaca. Jangan sampai membuat opini seperti di media sosial,\" tegasnya.

 Dia menambahkan, industri koran adalah bisnis dengan berjualan berita. Pembaca pun membeli koran karena kredibilitas. \"Pelaku media cetak silakan berbisnis untuk mencari uang banyak. Tapi, kaidah jurnalistik harus tetap dipegang teguh,\" ujarnya.

 President WAN-IFRA Swedia Tomas Brunegard menegaskan, jurnalistik yang berimbang adalah nilai yang harus dipegang teguh pelaku media cetak. Nilai itulah yang bisa membuat kepercayaan pembaca kepada media cetak tetap tinggi. \"Kita harus berpikir positif untuk menghadapi persaingan media pada masa depan,\" katanya.

(eko/dim/ran/dio/c5/kim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: