Jamaah Haji Jambi Lempar Jumroh

Jamaah Haji Jambi Lempar Jumroh

      \"Ketua Umum PPP itu juga menyatakan, jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penyelenggaraaan ibadah haji, selaku penanggung jawab pihaknya meminta maaf. Baik itu dalam hal pemondokan, katering, transportasi, dan layanan lain. \"Panitia sudah berusaha bekerja sebaik-baiknya. Namun, sebagai manusia, tentu tidak sempurna,\" kata Suryadharma.

      Seperti pernah disampaikan Kabid Kesehatan PPIH Dr Fidiansjah, masa Armina (Arafah, Muzdaifah, dan Mina) memang merupakan masa-masa yang mesti mendapat perhatian lebih. Bukan hanya bagi para petugas, tetapi juga para jamaah sendiri. Sebab, biasanya jumlah jamaah yang mengalami gangguan kesehatan meningkat. Baik gangguan fisik maupun jiwa. Nah, masa Armina itu sampai 18 Oktober nanti. \"Setelah masa Armina itu biasanya agak landai,\" ujarnya.

      Saat pelaksaaan wukuf di Arafah kemarin, cukup banyak jamaah yang mengalami dehidrasi. Maklum, cuaca lumayan menyengat. Para jamaah yang dehidrasi itu sebagian besar para jamaah lanjut usia lansia. Mereka langsung mendapat penanganan cepat di tenda BPHI.

      Dari dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kesehatan, hingga pukul 15.20 WAS atau pukul 19.20 WIB, tercatat ada tiga jamaah yang meninggal di Arafah.\" Yang dirujuk ada 10 orang dan yang dirawat inap. Dengan demikian, total jamaah yang meninggal ada 72 orang.

(kta/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: