Tetap Eksis, Harga Eceran Koran Rp 48.000

Tetap Eksis, Harga Eceran Koran Rp 48.000

“Orang-orang belanda rata-rata baca de Volkskrant dan De Telegraaf,”ujar Wibowo, pria asal Surabaya yang kini sudah menjadi warga negara Belanda ketika bertemu dengan tim Jambi Ekspres di Dam Square, Amsterdam.

            Menurut Wibowo, koran de Volkskrant dan de Telegraaf selalu bersaing dalam segala hal. Pemberitaan koran de Volkskrant yang bertiras diatas 350.000 eksemplar perhari ini lebih memilih golongan orang-orang yang ekonomi kecukupan, sedangkan koran  de Telegraaf yang bertiras diatas 800.000 eksemplar perhari ini, pemberitaannya lebih memilih golongan menengah kebawah.

            Sebagai gambaran dua koran ini bentuknya juga berbeda. Koran  de Volkskrant mirip dengan majalah seperti Le Parisien di Prancis. Sedangkan De Telegraaf bentuknya lebih lebar.  Hanya saja, dua koran ini selalu ada selipan majalah khusus untuk pembaca disetiap akhir pekan di koran tersebut.

            “Dua koran itu benar-benar bersaing,”tutur penganut Islam yang rata-rata setiap tahun pulang untuk menjalan ibadah puasa dan sholat taraweh di Masjid Istiqlal, Jakarta ini.

            Di Jerman harga koran juga termasuk sangat mahal. Di Kota Aachen, misalnya, di Kota tempat mantan Presiden Habibie tinggal ini ada dua koran besar Frantfurter Allgemeine dan Aachener Zeitung. Koran Frantfurter Allgemeine dijual dengan harga 2.40 euro ataua sekitar Rp 38.400 dan koran Aachener Zeitung dijual denggan harga 1.60 euro atau sekitar Rp 25.600.

            Dua koran di kota Aachen ini sangat berbeda dengan beberapa koran di Indonesia terutama dilingkungan Jawa Pos Group. Jika di Jawa Pos Group khusus Headline selalu menampilkan dengan font yang lumayan mencolok, dua koran di Kota Aachen Frantfurter Allgemeine dan Aachener Zeitung headline terbilang cukup kecil. Bahkan, koran Frantfurter Allgemeine  yang bentuknya lebar sekitar 9 kolom ini hanya menampilkan satu foto di cover halaman depan. Sama halnya dengan Frantfurter Allgemeine, koran Aachener Zeitung juga menampilkan font lebih kecil untuk headline tidak seperti koran-koran di Indonesia. Hanya saja, koran Aachener Zeitung bentuknya lebih kecil dibandingkan Frantfurter Allgemeine .(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: