Redesign Pembangunan Jambi

Redesign Pembangunan Jambi

 

Namun dibalik itu semua, kita juga menyadari adanya banyak kemajuan selama lebih kurang 4 tahun terakhir. Kita mengenal program yang betul-betul atas kreasi dari Gubernur Jambi, Bapak Drs. H. Hasan Basri Agus, MM yaitu Program Samisake, yaitu Program Satu Milyar Satu Kecamatan, yang tidak dimiliki oleh daerah-daerah lain pada umumnya. Sebaliknya dalam konteks ini banyak daerah-daerah yang studi Banding ke Jambi. Mudah-mudahan kedepan bila memungkinkan program SAMISAKE INI dapat pula disinergikan dengan Program Nasional Satu Desa Satu Milyer, yang saya yakini karena terinspirasi dari pemikiran Gubernur Jambi tentang SAMISAKE ini.

     Program bedah rumah juga sudah dirasakan manfaatnya bagi masyarakat perdesaan.  Iktikat pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui program beasiswa harus kita apresiasi/acunghkan jempol, setidaknya dari alokasi dana sudah meningkatkan secara signifikan, dari aspek pengelolaanpun kita bersyukur telah dilakukan perbaikan mekanisme, prosedur dan penerima manfaat dari tahun ke tahun, tentunya diharapkan   terdistribusi lebih baik sesuai dengan kebutuhan nyata. Untuk mengantisipasi kemacetan kota yang sudah mulai dirasakan oleh masyarakat, maka pelebaran jalan dan pembukaan jaringan jalan baru hendaknya juga memperoleh prioritas. Semoga, semakin sejahtera  negeri ini. Selamat Ulang Tahun Provinsi Jambi.

 

(Penulis adalah Kepala Pusat Studi/Dosen Pascasarjana Universitas Mercu Buana Jakarta. Juga Dosen pada  President University, Jababeka)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: