Serpihan MH370 Ditemukan Diduga Sayap

Serpihan MH370 Ditemukan Diduga Sayap

 CANBERRA - Ujung pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak 8 Maret 2014 mulai terlihat. Mengawali hari pencarian ke-13 kemarin pagi, Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbott mengungkapkan kepada parlemen mengenai informasi baru dan kredibel yang mungkin berkaitan dengan MH370.

 Mengutip informasi dari Pusat Koordinasi Penyelamatan AMSA (RCC) Australia, PM Abbott menyebutkan, ada dua objek dari citra satelit yang diduga berhubungan dengan pesawat Boeing 777-200 yang hilang di selatan Samudra Hindia. \"Informasi terbaru dan tepercaya telah datang memberi titik terang soal pencarian di selatan Samudra Hindia,\" kata Abbott di depan anggota parlemen seperti dimuat The Guardian kemarin.

 Kantor berita Tiongkok, Xinhua, tadi malam mengungkapkan, citra satelit dan radar yang dikonfirmasi oleh Lembaga Keselamatan Kelautan Australia (AMSA) tersebut merupakan petunjuk yang dapat dipercaya. Bahkan, ada kemungkinan itu adalah bagian badan dan sayap pesawat MH370 yang hilang.

 Mengutip sumber dari Pangkalan Angkatan Laut AS Yokosuka yang tak ingin disebutkan jati dirinya, benda yang lebih kecil yang dideteksi di sekitar dua benda yang lebih besar \"masing-masing memiliki panjang 24 meter dan 5 meter\" secara teori bisa jadi adalah pecahan pesawat. \"Kalau objek itu dikonfirmasi sebagai bagian dari pesawat MH370 yang hilang, pesawat tersebut mungkin telah melakukan pendaratan lunak di lautan dan bukan terjun dengan bagian depan dahulu. Sebab, pecahan itu tidak berserakan,\" jelas sumber tersebut kepada Xinhua.

 AMSA memprediksi, lokasi dua benda yang diduga puing MH370 itu berada di ribuan kilometer dari Australia. Dua benda itu berukuran panjang 24 meter dan 5 meter.

 Sementara itu, CNN menyebutkan, lokasi tersebut berjarak sekitar 2.350 km dari kota besar terdekat, Perth, Australia Barat. Wilayah laut itu bermedan sulit dan tidak ramah sehingga akan mempersulit pencarian.

 Setelah membuka informasi di parlemen, Abbott menelepon PM Malaysia Najib Razak untuk mewartakan informasi terbaru itu. \"Tugas untuk menentukan lokasi objek tersebut sangat sulit. Bisa jadi itu ternyata tak terkait dengan pencarian penerbangan MH370,\" ujar Abbott agar tidak terlalu banyak memberikan penjelasan sebelum ada konfirmasi resmi.

 Namun, informasi formal dari PM Australia tersebut langsung dilengkapi dengan tambahan informasi lain. Seorang wartawan di pesawat P-8 milik AS mengatakan, awak P-8 menemukan sinyal radar dari satu objek besar di Samudra Hindia. \"Radar menemukan benda berukuran signifikan dan awak pesawat pencari berusaha untuk mendapatkan pandangan langsung,\" ujar penyiar ABC AS dalam Twitter-nya mengutip laporan koresponden David Wright. \"Semua indikasi, segala sesuatunya di sana,\" kicaunya di Twitter.

 Benda besar tersebut, menurut dia, mungkin terkait dengan pesawat MH370 yang membawa 239 penumpang, termasuk awak kabin, dalam penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Beijing, Tiongkok.

 Untuk memastikan keterkaitan benda yang tertangkap citra satelit tersebut, armada pesawat dari Royal Australian Air Force Orion telah dikirim ke lokasi untuk mencari tahu lebih dekat.

 AMSA mengatakan, pihaknya mengoordinasikan pencarian pesawat yang hilang itu dengan bantuan dari Angkatan Pertahanan Australia, AU Selandia Baru, dan AL Amerika Serikat.                

 John Young dari Divisi Tanggap Darurat AMSA mengatakan bahwa benda-benda itu berada di sekitar area pencarian dan pesawat yang dicari dalam dua hari terakhir.

 Dengan jarak dari daratan terdekat mencapai 2.000 km lebih, cuaca bakal menjadi persoalan dalam menjangkau tempat tersebut. Pesawat yang pertama dikirim ke lokasi itu melaporkan, area tersebut memiliki visibilitas yang rendah kendati cuaca cukup moderat. \"Ini akan menghambat upaya udara dan satelit,\" ujar John Young.

 Sementara itu, ahli meteorologi CNN Pedram Javaheri mengatakan, ada badai di samudra di wilayah selatan yang dapat bergerak dari area ditemukannya dua benda tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: