IAIN STS Jambi Gelar Raker 2014

IAIN STS Jambi Gelar Raker 2014

JAMBI- Dalam rangka menyamakan persepsi dalam rangka meningkatkan komitmen untuk mensukseskan program IAIN STS Jambai dan memantapkan pelaksanaan program tahun 2014, maka IAIN STS Jambi pada Kamis (20/03) kemarin menggelar Rapat Kerja (Raker)  IAIN STS Jambi tahun 2014.

Kegiatan ini dilaksanakan di Novita Hotel pada 20-22 Maret 2014 dan diikuti 136 peserta yang terdiri dari seluruh pimpinan, kepala unit, lembaga dan seluruh kepala jurusan yang ada dilingkungan IAIN STS Jambi. 

Acara ini dibuka langsung Direktur Diktis, Prof. Dr. H. Dede Rosada, MA. Dalam sambutannya Dede Rosada menyampaikan bahwa ada 4 pilar program yang perlu diterapkan yakni adanya acces, mutu, relavansi dan tata kelola untuk pengembangan IAIN STS Jambi ke depan.

 “Perlu dilakukan pengembangan kelembagaan SDM yang meliputi jumlah dan kualitas dosen serta tenaga administrasi, restrukturisasi kurikulum, pengabdian masyarakat, peningkatan jumlah mahasiswa jenjang S1, S2 dan diupayakan untuk membuka program S3,” ujar Dede, kemarin.

Persoalan-persoalan tersebut berupa permasalahan kualitas, sarana dan prasarana, biaya, sampai kepada sumber pembelajaran. Mulai dari laboratorium, pustaka, sarana dan prasarana pendukung pembelajaran seperti kelas belajar, media pembelajaran.

Beliau juga mengatakan mengenai perubahan IAIN ke UIN tidaklah mustahil, karena antara Kemenag dan Men PANakan duduk bersama untuk membahas syarat-syarat untuk menuju perubahan status. Dan IAIN tetaplah berjuang untuk merubah statusnya menuju UIN dengan cara selalu berjuang dengan sungguh-sungguh serta diringi dengan proposal.

“Dengan adanya proposal ini akan menjadi pertimbangan dan pengkajian. Oleh karena itu, melalui Raker ini haruslah focus untuk menuju visi ke tahun 2015 serta programkan bagaimana untk mengintensifkan adar dapat menghasilkan mahasiswa yang berkualitas,” harapnya.

Sementara itu Rektor IAIN STS Jambi, Dr. H. Hadri Hasan, MA mengatakan pendidikan tinggi pada abad XXI ini dihadapkan pada persoalan globalisasi. Baik dibidang ekonomi, politik maupun sosial budaya yang melanda Indonesia dan dunia.

Kondisi ini menuntut adanya kesiapan mental dan langkah persiapan dari seluruh perguruan tinggi, termasuk IAIN STS Jambi. Perubahan tersebut menuntut civitas akademika agar senantiasa meningkatkan kinerja tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Ketua Panitia Pelaksana, Drs. Agel dalam laporan menyampaikan Rapat Kerja IAIN STS Jambi pada tahun 2014 ini akan membahas evaluasi program kerja tahun 2013, pemantapan program kerja 2014 dan rencana kerja 2015. “Dengan harapan Raker kali dapat membuah hasil untuk kemajuan IAIN STS Jambi kedepan,” imbuhnya.

(lia/adv) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: