Bus Nyemplung, 30 PNS Tewas

Bus Nyemplung, 30  PNS Tewas

SEBUAH bus melaju kencang saat menuruni jalan berbukit di wilayan Provinsi Tak, bagian utara Thailand Senin (24/3) malam. Selain jalanan yang menurun, laju kencang bus itu ternyata disebabkan karena rem blong dan sang sopir pun tak bisa mengendalikannya. Alhasil, bus yang ditumpangi puluhan pegawai negeri Thailand itu menghajar beton pembatas jalan. Braaakkk....

\"Bus itu terbanting dan jatuh 150 meter ke jurang,\" kata seorang polisi setempat Sittichai Panyasong seperti dilansir AFP. Petugas pun bergerak cepat begitu mendapatkan laporan kecelakaan. Mereka berupaya mengevakuasi para penumpang yang terbejak di dalamnya.

Dalam laporan terbaru yang disampaikan otoritas Thailand, Selasa (25/3), korban meninggal mencapai 30 orang, dengan rincian sembilan pria dan 21 perempuan.

Sedangkan korban luka sedikitnya ada 20 orang. Mayoritas korban adalah para pegawai negeri Thailand, meski juga anak-anak yang berada di dalam bus tersebut.

Bus itu memang mengangkut para pengawai pemerintah Thailand untuk berwisata via jalan darat ke Laos. Nah, kecelakaan itu terjadi di perbukitan di perbatasan Thailand-Myanmar, tepatnya di provinsi Tak, yang terletak di sebelah utara Negeri Gajah Putih itu.Kondisi bus pascakecelakaan memang mengaskan. Bus itu hancur berkeping-keping dan sudah tidak berbentuk seperti bus. \"Kami masi menunggu alat berat untuk mengangkat bangkai bus,\" kata Gubernur Provinsi Tak Suriya Prasartbandid.

Kini dugaan sementara dari kejadian itu adalah rem blong.

(AFP/mas/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: