>

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Posyandu

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Posyandu

 

Pelatihan kader posyandu ini diikuti sejumlah 87 orang peserta yang berasal dari 27 unit posyandu di Kecamatan Sungai Gelam. Selain kader, sejumlah 27 orang bidan desa dan para Ketua PKK dari 6 desa di wilayah kerja Puskesmas Kebon IX juga mengikuti pelatihan ini.

 

Kegiatan ini dikemas dalam dua sesi, yakni sesi teori dan sesi praktik. Dalam sesi teori, para peserta pelatihan mendapatkan materi tentang gizi dari Dinkes Muaro Jambi. Sedangkan pada sesi praktik, para peserta mempraktikkan langsung pelayanan posyandu terhadap ibu dan bayi secara baik dan benar.

Hadir sebagai narasumber, antara lain Joni Ariyanto SKM. MKes. (Kasi UKBM Dinkes Ma Jambi), Desna Aldian SKM, M.Kes. (Kasi PHBS), dan Lindawati AM. Kg. (Kasi Gizi). Selain itu, kegiatan ini juga di buka secara resmi oleh Hj. Suliyanti SH. (Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Muaro Jambi), dan dihadiri oleh Hadiawan SKM, M.KM. (Kabid Prom Kes Dinkes Muaro Jambi), Saprita SE. (Sekcam Sungai Gelam), Moh. Novriyadi SKM, M.Kes (Kepala Puskesmas Kebon IX), Rejo (Kepala Desa Kebon IX), Dedi Azis (Manajemen Field EMP Gelam), dan Jajang Suherman (Comrel Officer EMP Gelam).

 

Lindawati AM. Kg. dari Seksi Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi, dalam kesempatan tersebut menegaskan, bayi berumur 0 hingga 1000 hari merupakan usia kritis. Menurutnya, dalam rentang 1000 hari tersebut, kebutuhan gizi harus terpenuhi secara cukup.

 

“Karena 1000 hari pertama kehidupan bayi tersebut menentukan proses tumbuh kembang anak hingga usia 2 tahun,” katanya.

 

Terpenuhi atau tidaknya kebutuhan gizi anak pada masa awal itu, memiliki akibat jangka pendek dan jangka panjang. Dampak jangka pendeknya antara lain berkaitan dengan perkembangan otak, pertumbuhan tubuh, dan metabolisme tubuh.

 

“Sedangkan dampak jangka panjangnya adalah berkaitan dengan daya kognitif, kekebalan tubuh, dan kerentanan tubuh terhadap ancaman penyakit,” jelasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: