Hanya Mengenal Dua Musim

      Hanya Mengenal Dua Musim

MANAUS merupakan salah satu wilayah di Brasil yang sangat \"basah\". Curah hujan sangat tinggi. Terutama di musim hujan yang biasanya berlangsung sejak Desember hingga Juni. Karena itu, hampir sepanjang hari di Manaus akhir-akhir ini selalu hujan.

Seperti pada Kamis (17/4) lalu, sepanjang hari kota terbesar di Negara Bagian Amazonas itu gerimis. Hujan baru berhenti pada siang hari. Namun, menjelang sore pada pukul 14.00 waktu setempat, hujan kembali turun. \"Di sini setiap hari hujan hampir selalu turun. Kami cuma mengenal dua musim. Musim hujan dan kemarau,\" kata Jan Rinaldo de Sousa, warga Manaus.

Di musim hujan, suhu maksimal mencapai 30 derajat celcius dan paling rendah 27 derajat celcius. Namun, saat musim kemarau, suhu bisa meroket hingga 34-37 derajat celcius di siang hari. Hujan yang tidak turun membuat suasana kota semakin panas. Tapi, musim kemarau justru menjadi favorit para turis. Sebab, mereka bisa menjelajah hutan tanpa takut banjir. Sebab, di musim hujan biasanya debit air Sungai Amazon naik membuat jalan setapak di hutan tergenang.

\"Di Manaus tidak ada peak season. Kamu datang kapan saja, Amazon akan memberi pengalaman yang berbeda. Baik di musim hujan maupun musim panas, semua memiliki daya tarik tersendiri,\" kata Jan.

(aga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: