Obama Bakar Semangat Pemuda ASEAN

Obama Bakar Semangat Pemuda ASEAN

 KUALA LUMPUR - Dalam lawatannya selama tiga hari di Malaysia, Presiden AS Barack Obama menghadiri pertemuan 100 pemimpin muda ASEAN kemarin (27/4). Pada forum yang juga diikuti Mohammad Syifa, wartawan Jawa Pos Radar Kediri, tersebut, Obama membakar semangat 100 pemuda agar menjadi lokomotif kemajuan di ASEAN.

 Obama menyebut bahwa para pemimpin muda ASEAN yang tergabung dalam Young Southeast Asia Leaders Initiative (YSEALI) merupakan generasi pembawa kemakmuran di masa depan. \"Beberapa di antara pemuda ASEAN juga membangun jaringan pemimpin muda untuk mengatasi pengangguran,\" kata Obama di podium town hall session Universiti Malaya kemarin.

 Obama menyatakan, dirinya memberikan perhatian kepada kelompok pemuda ASEAN karena kawasan itu akan menjadi zona ekonomi terbesar ketujuh di dunia. \"ASEAN juga akan menjadi salah satu pasar terbesar bagi AS. Karena itu, sangat penting peningkatan kerja sama kedua negara dalam hal kepemudaan,\" tegasnya.

 Kunjungan Obama tersebut menjadi pusat perhatian media di Malaysia. Sebab, hal itu adalah kunjungan kedua presiden AS ke Malaysia. Kunjungan pertama dilakukan Presiden Johnson pada 1966 atau 38 tahun lampau.

 Obama menyatakan, selain alasan kenegaraan, dirinya merasa memiliki hubungan khusus dengan ASEAN. Dia juga menceritakan masa kecilnya di Indonesia, ibundanya yang mengoleksi batik, serta alasan adiknya, Maya Soetoro, menikah dengan laki-laki yang memiliki darah Malaysia.   

 Rencananya, Obama meninggalkan Malaysia hari ini dan melanjutkan lawatannya ke Filipina. Sebelumnya, Obama melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang dan Korea Selatan.

(*/c7/kim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: