>

Menangkap Rezeki Durian Runtuh Piala Dunia

Menangkap Rezeki Durian Runtuh Piala Dunia

\"Ini sebagai salah satu strategi marketing kami. Popularitas Piala Dunia kami harapkan ikut mengangkat penjualan pertamax series. Dengan demikian, BBM nonsubsidi kami lebih dikenal. Tentu ujungnya, konsumsi BBM bersubsidi juga bisa dikurangi,\" ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (1/5).

Pada upaya pertama itu Pertamina tidak hanya menawarkan akomodasi ke Brasil. Perseroan itu sengaja mengundang kapten timnas Italia pada Piala Dunia 2006 Fabio Cannavaro untuk menemani sepuluh pemenang undian menonton Piala Dunia. Meski menolak menyebut angka, Ali mengaku harus merogoh kocek cukup dalam untuk strategi satu ini.

\"Kenapa harus Cannavaro? Kami menilai dia yang paling familier dengan konsumen Indonesia. Kan liga yang dikenal Indonesia itu ada beberapa, seperti Liga Inggris, Spanyol, dan Italia. Nah, image Italia di piala dunia kan cukup kuat. Cannavaro menjadi sosok penting waktu Italia menang pada 2006. Kebetulan tahun ini dia juga available. Sebenarnya, itulah yang paling penting,\" jelasnya.

Perusahaan ritel tentu juga tak membiarkan euforia Piala Dunia berlalu begitu saja. Perusahaan ritel nasional, Alfamart, sudah jauh hari mendaftarkan diri sebagai official licensed merchandise dari FIFA di ajang Piala Dunia Brazil 2014. Melalui promo Piala Dunia 2014, Alfamart berharap omzet penjualan melambung 10-15 persen dibanding tahun-tahun tanpa Piala Dunia.

\"Sebagai pemegang official licensed merchandise, kami berhak menjual merchandise original dengan varian enam negara dan maskot resmi dari Piala Dunia FIFA 2014 Fuleco. Enam negara itu adalah Argentina, Brasil, Inggris, Jerman, Belanda, dan Italia,\" ujar Operation Community Relation Manager Regional V (Indonesia Timur) Faruq Asrori kemarin (1/5).

Sejak akhir 2013, pernak-pernik PIala Dunia itu ditebar di jaringan Alfamart yang mencapai 8.557 toko di seluruh penjuru Indonesia..\"Alfamart merupakan satu-satunya minimarket yang mulai menjual merchandise piala dunia Brasil sejak Desember lalu,\" ungkap Faruq.

Dia menjamin, kalau masuk ke toko Alfamart, pengunjung pasti merasakan nuansa World Cup Brasil 2014 yang begitu kental. \"Momen Piala Dunia 2014 ini memang kami manfaatkan dengan baik untuk melayani para pengunjung yang fanatik dengan sepak bola,\" terangnya.

Beberapa merchandise yang dijual di Alfamart adalah celengan, gantungan kunci, botol minum, mug, sandal, topi, bola, terompet, korek api, handuk, baju anak, tempat makan dan barang-barang eksklusif lain yang dapat dibeli secara langsung di toko Alfamart. \"Koleksi merchandise itu sangat terjangkau harganya, yakni Rp 2.900 sampai dengan Rp 99.000 per item,\" sebutnya.

Faruq mengungkapkan, setiap hari satu toko Alfamart dikunjungi 300-400 orang. Dengan traffic kunjungan setinggi itu, Alfamart yakin ada saja mania bola yang datang ke tokonya. Animo tertinggi pelanggan terhadap Piala Dunia semakin terlihat di kuartal dua atau mulai April 2014. \"Bahkan, masyarakat yang bukan pencinta bola juga membelinya sebagai hadiah,\" ungkapnya.

(gen/bil/wir/c2/kim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: