Biaya Kuliah Masih Mahal

Biaya Kuliah Masih Mahal

 Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan STIA NUSA Sungaipenuh, Elyusnadi Skom, Msi, Mk  mengatakan, untuk uang pendaftaran mahasiswa baru sebesar Rp 100 ribu. Jika lulus seleksi per semesternya mahasiswa membayar uang semester Rp 750 ribu. “Uang semester bisa diangsur dua kali,” ucapnya.

 

STIA NUSA Sungaipenuh juga memberikan beasiswa PPA untuk mahasiswa berprestasi sebesar Rp 4.200.000 per mahasiswa penerima setiap semesternya. Kemudian beasiswa BBM untuk mahasiwa miskin Rp 4.200.000 per mahasiswa penerima setiap semester. “Dari Yayasan juga ada beasiswa untuk mahasiswa berprestasi,” pungkasnya.

 

Universitas Batanghari Jambi salah satu Universitas swasta di Kota Jambi memiliki total pembayaran Rp.4.301,500 pada semester pertama setiap fakultas nya, yang dibuka dengan dua gelombang.

                Gelombang pertama pendaftaran di Unbari telah di buka sejak 7 April – 28 Juni mendatang, yang kemudian di lanjutkan dengan 30 juni – 16 Agustus mendatang dengan 5 fakultas yang terdiri dari 16 prodi.

                Sementara itu, Sekolah Tinggi manajeman Informatika dan Komputer Nurdin Hamzah (STEMIK-NH) yang telah membuka pendaftaran sejak 1 juni-30 Agustus mendatang dengan membuka dua jurusan memiliki total pembayaran sebesar Rp.5.354.000 pada semester pertama setiap fakultas nya.

                Kampus Unja Muara Sabak Fakultas Perikanan yang berada di Tanjabtim. Selama ini memberikan beasiswa bagi seluruh mahasiswanya. Beasiswa ini berasal dari Pemkab Tanjabtim. Hal ini diutarakan Kadisdik Tanjabtim, Heri Widodo melalui Kasi Kurikulum, Pahmi kemarin (16/6).
\"Angkatan I dan II seluruhnya diberikan beasiswa, sedangkan angkatan III atau tahun ini kami masih usulkan pemberian beasiswa, kalau bisa jumlah beasiswa ditingkatan,\" jelasnya.
Setiap tahunnya, kata Pahmi, tiap-tiap mahasiswa yang berkuliah di Unja Muara Sabak mendapatkan beasiswa Rp 3,5 juta. Beasiswa ini diberikan untuk keperluan mahasiswa tersebut.
\"Seperti membayar uang semester maupun membeli buku atau peralatan kuliah,\" jelasnya.

Mendikbud Ingatkan Biaya Kuliah

Ujian tulis seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) kemarin berlangsung tertib. Panitia pusat mengkonfirmasi, tidak ada gangguan menonjol selama pelaksanaan tes tulis. Pemindaian hasil ujian segera dijalankan, sehingga pengumuman kelulusan bisa dikeluarkan tepat waktu pada 16 Juli mendatang.

 SBM PTN tahun ini diikuti 664.509 pelamar dengan daya tamping sebesar 103.346 kursi. Daya tampung itu membengkan dari angka awal, karena ditambah luncuran sisa kuota dari seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN). Sementara tahun lalu SBM PTN diikuti 585.789 pelamar dengan daya tampung sebanyak 101.775 kursi.

 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meninjau langsung pelaksanaan SBM PTN di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Nuh didampingi Rektor Universitas Indonesia Mohammad Anis, Ketua SBM PTN sekaligus Rektor Universitas Padjadjaran Ganjar Kurnia, dan Rektor Insititut Pertanian Bogor sekaligus ketua Majelis Rektor PTN Herry Suhardiyanto.

 Rektor UI Anis mengatakan SBM PTN merupakan salah satu saringan masuk mahasiswa baru. Dia mengatakan 50 persen mahasiswa baru UI disaring melalui SNM PTN. Kemudian kuota SBM PTN sebesar 30 persen dan sisanya melalui seleksi mandiri sebesar 20 persen. \"Kapasitas mahasiswa baru di UI sebanyak 4.500,\" kata dia.

 Mendikbud Mohammad Nuh mengapresiasi kinerja panitia SBM PTN sehingga penyelenggaraan bisa lancer dan tertip. Meskipun penyelenggaraan SBM PTN ini diringkas dari yang biasanya dua hari, sekarang cukup sehari saja.

 Kepada para pimpinan PTN, Nuh berpesan urusan biaya kuliah. Dia menegaskan bahwa calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus tes SBM PTN, SNM PTN, maupun ujian mandiri tidak boleh di-cancel hanya gara-gara kemampuan ekonomi. \"Kalau sudah lolos seleksi secara akademik, tidak boleh tidak bisa melanjutkan kuliah gara-gara tidak memenuhi urusan pembiayaan,\" papar Nuh yang kemarin berulangtahung ke 55 tahun itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: