Besarkan Pabrik Dulu, Baru Dirikan Museum
Jadi, kadang batik berwarna menyala yang tidak laku di daerah lain dibawa ke Surabaya. Begitu pula sebaliknya. Sekarang usaha yang dirintis Santosa Doellah mulai 1967 itu telah berkembang pesat dengan seribu karyawan di Solo. Belum termasuk karyawan yang menyebar di 24 butik di sepuluh kota di Indonesia. Produk mereka juga banyak diminati di sejumlah negara Eropa, Amerika, dan Australia.
Namun, bentuknya masih berwujud kain, belum dalam bentuk baju dengan variasi modelnya. Sebab, negara-negara pengimpor mensyaratkan, kalau dalam bentuk baju, modelnya harus bisa dipakai untuk empat musim: semi, panas, gugur, dan dingin. Padahal, selama ini Diana baru bisa memenuhi pesanan untuk kebutuhan dua musim di Indonesia.
\"Selama ini yang banyak dipesan batik cap dan printing. Mungkin karena dua jenis itu lebih terjangkau. Sedangkan untuk batik tulis, segmennya tersendiri. Harganya memang lebih mahal,\" paparnya.
(*/c9/ari)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: