Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Kooperatif
Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) disimpulkan bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan ketrampilan guru dalam merancang pembelajaran kooperatif dan melaksanakannya di kelas. Guru menunjukkan keseriusannya dalam merancang pembelajaran kooperatif yang benar dan berusaha melaksanakannya dengan baik pada saat PBM, setelah mendapatkan bimbingan dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat mengadakan wawancara dan bimbingan pengembangan/penyusunan rencana pembelajaran kooperatif dan saat observasi pelaksanakannya di kelas oleh guru.
Berdasarkan simpulan di atas disarankan kepada kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah hendaknya selalu berperan aktif dalam membimbing guru-guru di sekolah untuk memperbaiki dan mengembangkan metode mengajarnya. Selain itu keterampilan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan hendaknya selalu ditingkatkan. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran kooperatif.
(Penulis adalah Kepala SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur Email : [email protected])
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: