>

Presiden Siap Temui Elit KIH

Presiden Siap Temui Elit KIH

Zulkifli menyebut, pertemuannya dengan Presiden Jokowi membahas kerjasama Indonesia dengan Finlandia. Kebetulan, acara kemarin merupakan jamuan istana negara atas kehadiran Presiden Finlandia ke Indonesia. Zulkifli mengaku memberi gambaran terkait kemiripan Indonesia dengan Finlandia.

\"Finlandia itu negara gambutnya banyak, tapi karena dikelola baik, terhindar dari kebakaran,\" ujar mantan Menteri Kehutanan itu.

Finlandia, kata Zulkifli, juga memproduksi kayu. Meski negara kecil, produksi kayu Finlandia lebih banyak dari Indonesia. Hal itu disebabkan cara pengelolaan hutan yang lebih baik.

\"Produksi kayu lebih besar mereka, kenapa, karena mereka nanam terus. Kita nanamnya kurang,\" ujarnya.

Terkait tawaran menteri, Zulkifli menyebut bahwa pihaknya tidak pernah mendorong-dorong calon menteri kepada Presiden Jokowi. Meski Zulkifli tidak menampik bahwa peluang masuknya PAN dalam kabinet kerja terbuka dalam reshuffle nanti.

\"Menteri itu urusan Presiden. Kalau dianggap bagus terserah itu bapak presiden. Yang penting bukan ketua umumnya. Masak Ketua MPR mau jadi menteri lagi,\" ujarnya.

Komitmen bergabungnya PAN, kata Zulkifli, adalah ingin menyelesaikan program pemerintah. PAN menilai jalannya pemerintahan tidak perlu gaduh, bisa berjalan baik, kinerjanya bagus. \"Kalau kinerja pemerintah bagus, ekonomi berkembang, pertumbuhan maju, miskin berkurang, itu juga yang PAN harapkan. Sejatinya itu,\" ujarnya.

Disinggung terkait pertemuan elit Koalisi Indonesia Hebat pada Selasa (3/11) sore, tidak ada satupun wakil PAN yang hadir. Zulkifli mengaku tahu pertemuan itu, namun situasi yang memaksa dirinya tidak bisa datang. \"Kan ada sidang di MPR. Nggak bisa (datang) dong,\" ujarnya.

Informasi yang berkembang di internal PAN selama ini masih simpang siur. Sebelumnya, PAN dikabarkan sudah menetapkan lima nama kader PAN, jika nantinya Presiden Jokowi meminta PAN masuk di salah satu atau beberapa posisi di kabinet kerja.

Namun, isu itu langsung dibantah internal PAN. Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno membantah isu nama-nama calon menteri yang sempat beredar di media.

Pasca pertemuan para elit KIH, ternyata muncul isu baru yang beredar. Sudah ada dua nama kader PAN yang disiapkan sebagai menteri, yakni Wakil Ketua DPR yang juga Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan, dan Wakil Ketua Umum PAN Asman Abnur. Internal PAN sendiri belum memastikan kebenaran isu itu.

(dyn/bay)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: