Proyek Pemerintah Masih Banyak Belum Ditender, Triwulan I Hampir Berakhir

Proyek Pemerintah Masih Banyak Belum Ditender, Triwulan I Hampir Berakhir

Lanjutnya, untuk proses selanjutnya menunggu hasil lelang terbuka yang dilakukan di ULP.

‘‘Intinya sudah mulai berjalan,’‘ katanya.

 Di Batanghari, sudah ada beberapa paket yang sudah masuk proses pelelangan. Meski terdapat ratusan paket pengerjaan fisik, namun dari jumlah tersebut rupanya mengalami penurunan cukup banyak. Alasannya dikarenakan keterbatasan anggaran, pasalnya saat ini pemkab Batanghari fokus pada kegiatan MTQ Provinsi ke 48.

‘‘Memang dari tahun sebelumnya kita mengalami penurunan dari total 186 menjadi 137 pengerjaan. Ini juga keterbatasan anggaran, karena pemkab fokus dengan kegiatan MTQ,’‘ sebut Almi Cab selaku Kabag ULPB Setda Batanghari.

Adapun total anggaran 137 paket tersebut senilai lebih kurang Rp 129 M. Sementara itu 61 paket lainnya merupakan paket milik Dinas PUPR Batanghari dengan nilai anggaran lebih kurang Rp 87 M.

‘‘Yang paling besar ada pada pengerjaan rigit beton di Jalan Desa Rantau Kapas Mudo-Pasar Terusan dengan nilai sekitar Rp 12 M,’‘ jelas Almi Cab.

Selain itu, paket pengerjaan juga terdapat di Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) dengan total 39 paket, Dinas Tanaman Pangan dan Hortilkultura 4 paket pengerjaan, Dinas Perkebunan dan Peternakan 6 paket pengerjaan, serta beberapa paket lagi di dinas lainnya.

Proses lelang pun dikatakan Almi Cab, tahun ini lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya. Sehingga pada November mendatang hanya tinggal evaluasi pengerjaan saja.

‘‘Ya kita harap tiap OPD leih cepat untuk melakukan lelang. Kalau memang pada November nanti tidak juga selesai, berarti itu salah OPD masing-masing,’‘ jelas Almi Cab.

Terkait jenis lelang sendiri, dikatakan Almi Cab terdapat dua jenis yakni lelang umum terhadap pengerjaan paket fisik yang bernilai di atas Rp 5 M. Sementara itu jenis pengadaan secara pemilihan langsung terhadap pengerjaan paket fisik dibawah Rp 5 M.

‘‘Batas pelelangan hingga Juli semua sudah harus selesai, ini khusus untuk APBD murni,’‘ tutup Almi Cab.

Ketua ULP kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ilmardi saat dikonfirmasi kapan efektivitas pelelangan pekerjaan proyek pada tahun anggaran 2018 mengatakan sampai saat ini belum ada pengajuan dari dinas terkait. 

‘‘Karena saat ini masih dalam proses, kemungkinan akan ada di bulan 4 atau 5 lah, ‘‘ ujarnya.

Pihaknya pun akan secepatnya berkerja apabila sudah ada surat dari dinas-dinas untuk segera melakukan lelang pekerjaan. 

‘‘Kita siap, semuanya tinggal menunggu dinas’‘,’‘ tutupnya singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: