Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi: Ulvika Menjadi Story Writer dari Gambar Comic Strips
Mendengarkan Native Speaker
Langkah selanjutnya dalam proses pembelajaran ini adalah Modeling of the text. Pada tahap ini guru mengajak peserta didik mendengarkan rekaman audio cerita “Aladdin and the lamp”. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih keterampilan receptive siswa. Ketika audio cerita diputar, siswa diminta untuk menuliskan minimal 10 kosa kata dari audio yang didengarkan. Semua siswa terlihat antusias dan fokus mendengarkan rekaman audio cerita yang diputarkan. Mereka terlihat senang karena mereka bisa mendengarkan suara native speaker.
Siswa secara bergantian menuliskan dan mengucapkan satu kata yang mereka dengar ke papan tulis. Guru kemudian mendistribusikan teks cerita Alladin secara lengkap dan meminta siswa untuk melakukan membaca teks tersebut secara berpasangan dan bergantian serta saling mengoreksi pengucapannya.
Memasuki kegiatan inti, tahap ketiga dari strategi pembelajaran berbasis teks yaitu join construction of the text.
Pada tahap ini, secara berkelompok peserta didik diberikan potongan kalimat teks naratif “Alladin” dan potongan-potongan gambar Comic Strips. Secara berkelompok peserta didik diminta untuk memadankan teks dengan gambar Comic Strips. Semua siswa aktif dalam kelompok memadankan gambar dan kalimat dan mempresentasikannya di depan kelas secara pleno.
Refleksikan Pembelajaran
Setelah peserta didik memahami isi dan nilai moral cerita, pada kegiatan akhir pembelajaran siswa diminta untuk melakukan kegiatan independent construction of the text. Mereka diminta untuk menceritakan kembali cerita tentang “Alladin” secara tertulis dengan menggunakan bahasa mereka sendiri. Kegiatan ini dilakukan oleh siswa dari rumah dan akan disampaikan secara lisan pada pertemuan berikutnya.
“I am happy and enjoy today’s class, sir, because through comic I could learn English easily,” sebut salah satu peserta didik, Ulvika.
“Yes, Mister. Besides, we also could pronounce the English words easily and correctly by listening the native speaker voice. Then we can write the narrative text by our own words,” Putri menyahut.
Beragam respon yang penulis dapatkan setelah melakukan pembelajaran ini. Sebagian besar peserta didik menyatakan merasa senang dan bersemangat mengikuti pembelajaran dengan gambar comic strips.
Melalui pembelajaran teks naratif, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan receptive skill dan productive skill mereka dan dapat mengenal lebih dekat cerita rakyat baik dari dalam maupun luar negeri dan mampu memetik pesan moral yang terkandung dari cerita tersebut.
Hasil dari sebuah pembelajaran sangat dipengaruhi oleh usaha seorang guru untuk dapat mempersembahkan penampilan terbaik siswa dan seberapa besar usahanya untuk memberikan pembelajaran bermakna kepada siswanya. Ketika guru sudah berusaha melakukan usaha terbaiknya dengan merancang pembelajaran dengan pembelajaran aktif, mengatur sedemikian rupa skenario pembelajarannya dengan kreatif. (*)
*) Guru Bahasa Inggris SMPN 21 Batang Hari/ Fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: