Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi: Ulvika Menjadi Story Writer dari Gambar Comic Strips

Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi: Ulvika Menjadi Story Writer dari Gambar Comic Strips

Oleh Dedi Hendriyanto, S.Pd

 

BAGAIMANAKAH cara melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan dan memandu siswa menjadi penulis layaknya seorang pengarang handal? Pertanyaaan-pertanyaan tersebut sering muncul dan terkadang sulit dicari jawabannya.

Mengajarkan Bahasa Inggris kepada siswa SMP bukanlah hal mudah karena mata pelajaran ini tidak mereka dapatkan ketika berada di tingkat sekolah dasar. Apalagi keterampilan menulis (writing). Keterampilan ini dirasakan sulit dan membosankan. Oleh karena itu, sebagai seorang pendidik guru harus memiliki strategi tertentu sehingga hal yang terlihat sulit akan menjadi mudah dan menyenangkan.

Untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran yang menyenangkan, guru diharapkan mampu mensiasati cara penyampaian materi pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didiknya sehingga terasa menyenangkan.

Ide-ide cemerlang dan kreatifitas tinggi sangatlah dibutuhkan dalam menampilkan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi peserta didik. Inisiatif pengembangan profesi guru sangat mendukung peran guru dalam melakukan inovasi pembelajaran.

Di masa pandemi Covid-19 ini guru mendapatkan banyak kesempatan untuk meningkatkan kemampuannya dalam mencari referensi pengembangan inovasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Misalnya dalam memberikan pembelajaran bahasa inggris yang menyenangkan dan memunculkan ketertarikan peserta didik.

Tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran tertentu tergantung pada bagaimana seorang guru dapat mengemas kegiatannya dengan packaging yang baik sehingga dapat mengundang antusiasme siswa.

Untuk mendapatkan perhatian dan ketertarikan siswa, seorang guru diharapkan mampu menyusun skenario dari sebuah rencana pembelajaran, memilih strategi pembelajaran yang tepat, media pembelajaran yang sesuai dan familiar dengan dunia siswa. Salah satu media yang dapat digunakan adalah Gambar Comic Strips seperti yang dilakukan oleh penulis dalam membelajarkan materi bahasa inggris tentang teks naratif.

Apa itu Comic Strips?

Seperti yang tertulis dalam oxford advanced learner’s dictionary, comic strips adalah serangkaian gambar yang menceritakan sebuah kisah. Comic Strips merupakan media yang dapat digunakan untuk mengekspresikan ide dengan gambar, sering dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lainnya. Gambar Comic Strips dapat digunakan untuk mempermudah pemahaman peserta didik dalam memahami isi cerita teks naratif.

Di samping menggunakan gambar comic strips sebagai media pembelajaran, penulis juga mengimplementasikan strategi pembelajaran.

Dikarenakan sekolah tempat penulis bertugas sudah melakukan pembelajaran tatap muka  dengan menggunakan system shift, guru menerapkan pembelajaran tatap muka dengan separuh dari total siswa yang ada dikelas tertentu. Sementara separuh dari jumlah siswa dikelas tersebut melakukan pembelajaran tatap muka, sementara sisanya masih belajar dari rumah.

Menggunakan Blended Learning

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: