>

Biar Tak Kaget di Awal Puasa, Berikut 47 Tips Sehat Bulan Ramadhan

Biar Tak Kaget di Awal Puasa, Berikut 47 Tips Sehat Bulan Ramadhan

10. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Banyak makan makanan manis disaat sahur akan membuat Anda cepat lapar di siang hari. Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat, insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

11. Hindari minuman kopi pada saat sahur karena kopi akan membuat kita lebih cepat mengalami dehidrasi atau kehausan.

12. Disunnahkan mengakhiri waktu makan sahur dengan waktu yang tak jauh dari saat terbit fajar.

13. Mengakhirkan sahur memang banyak manfaatnya bagi tubuh untuk mempunyai tenggang waktu yang cukup guna membakar makanan

14. Hindari Tidur Setelah Makan Sahur Selain tidak mengikuti Sunnah mengakhirkan sahur, shalat Subuh mungkin tak bisa terjaga dengan baik (tidak tepat waktu). Keadaan ini akan rnembuat tubuh menjadi semakin lemas pada siang hari.

15. Apabila kantuk menyerang di pagi hari, segera saja berolahraga secukupnya untuk membakar simpanan makanan supaya menjadi energi, kemudian lanjutkan aktivitas Anda seperti biasanya, misalnya taddarus Al Quran, bekerja dan sebagainya.

 
 

AKTIVITAS FISIK

16. Padatkan aktivitas. Bermalas-malasan tidak dianjurkan dalam Islam, apalagi di bulan Ramadhan. Lakukan amalan-amalan yang mendatangkan pahala serta olah raga ringan.

17. Aktivitas pada saat puasa justru dapat merangsang pengeluaran hormon- hormon anti insulin yang berfungsi melepas gula darah dari simpanan energi, sehingga kadar gula darah tidak menurun dan pada akhirnya tubuh tetap bugar sepanjang hari.

18. Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo.

19. Pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil, bersepeda, senam atau jalan kaki.

20. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Tarawih selain ibadah juga sebagai sarana menjaga kebugaran jasmani karena saat melakukan sholat tarawih sama dengan membakar kalori.

21. Usahakan untuk cukup tidur agar sel-sel otot dan organ tubuh dapat pulih kembali, baik siang maupun malam. Masing-masing orang berbeda-beda dalam memenuhi kebutuhan jam tidurnya, yang penting tidak berlebihan.

22. Tidur berlebihan malah menyebabkan tubuh loyo, kulit wajah kering dan tidak segar

BERBUKA PUASA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: