Serupa Indonesia, Umat Islam China Mulai Ramadhan 1442 H Pada Selasa

Serupa Indonesia, Umat Islam China Mulai Ramadhan 1442 H Pada Selasa

 BEIJING — Umat Islam di China mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan pada Selasa (13/4). Sama hal dengan Indonesia, akan memulai Ramadhan 1442 H pada Selasa.

 

“Kami besok sudah puasa. Malam ini kami tarawih mulai pukul 20.30 (19.30 WIB),” kata pengurus Masjid Huashi bermarga Wang di Beijing, Senin (12/4).

Dalam kesempatan tersebut, Wang membagikan selebaran berisi jadwal puasa Ramadhan selama sebulan penuh, khusus untuk wilayah Beijing.

Sebelumnya, imam Masjid Nanxiapo, kepada jamaah shalat Jumat (9/4) menyampaikan pengumuman awal Ramadhan 1442 Hijriyah di China yang jatuh pada 13 April 2021.

Beberapa masjid di Beijing sejak bulan lalu sudah kembali buka secara normal setelah ditutup karena kasus baru Covid-19 di sejumlah daerah sejak awal Januari 2021.

Selain masjid, beberapa rumah ibadah lainnya di Ibu Kota China, seperti gereja dan kuil juga buka seperti semula.

Bahkan Katedral Immaculata di kawasan Xuanwumen juga telah menyelenggarakan misa menjelang Paskah pada Jumat (2/4) lalu.

Kuil Yonghegung Lama juga telah dibuka untuk umum sejak bulan lalu.

Ramadhan tahun ini di Beijing bertepatan dengan musim semi sehingga durasi puasa rata-rata berlangsung antara 14,5 hingga 15,5 jam per hari.

Tidak hanya Beijing, Asosiasi Islam China (CIA) di kota lain, seperti Guangzhou, Shanghai, Shenzhen, Hangzhou, Suzhou, dan Nanjing juga telah mengedarkan jadwal puasa sebulan penuh yang berakhir hingga 12 Mei 2021.

(ral/antara/pojoksatu)

Sumber: www.pojoksatu.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: