Kesalahan Muazin, Jemaah Masjid Batal Puasa

Kesalahan Muazin, Jemaah Masjid Batal Puasa

KUALALUMPUR— Kalian semua pasti pernah dong merasakan batal puasa? Tapi bagaimana jadinya jika batal puasa dikarenakan kesalahan muazin?

Hal ini nampaknya benar-benar terjadi di dunia nyata loh tipstrenners, lebih tepatnya di Masjid Al Khairiyah, Taman Seri Gombak, Kuala Lumpur, Malaysia.

Dimana pengurus masjid meminta para jemaahnya mengqadha puasanya di waktu lain setelah Ramadan. Itu karena masjid telah keliru dalam mengumandangkan azan lebih cepat tiga menit dari waktu seharusnya.

Dalam sebuah pernyataan pengurus Masjid Al Khairiyah, Wan Nawawi Wan Dagang, mengatakan bahwa kesalahan tersebut terjadi karena masalah teknis pada tampilan jam digital penanda adzan di Masjid tersebut.

Kejadian kumandang adzan maghrib terlalu cepat itu terjadi pada hari Selasa (20/4/2021) kemarin.

“Jemaah yang berpatokan pada azan Maghrib dari Masjid al- Khairiyah untuk berbuka puasa, perlu diketahui bahwa puasa batal pada hari itu dan perlu diganti,” kata Wan Nawawi.

Umat Islam berpuasa dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari atau Maghrib. Sebagian besar Muslim bergantung pada jadwal waktu tetap berbuka puasa.

Banyak Muslim juga menggantungkan waktu berbuka pada kumandang adzan untuk mengetahui telah masuk waktu Maghrib.

Sontak saja atas kejadian tersebut seluruh jamaah masjid batal puasa secara bersamaan dan harus kembali mengqadha di waktu lain. Duh sayang sekali ya tipstrenners, batal di waktu menuju buka puasa!(ayu/tipstren)

Sumber: www.fajar.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: