Hamas Luncurkan 3.000 Rudal, Israel Balas Runtuhkan Terowongan 100 km

Hamas Luncurkan 3.000 Rudal, Israel Balas Runtuhkan Terowongan 100 km

GAZA-Konflik yang berkecamuk antara Israel dan Hamas di jalur Gaza, Palestina, telah memasuki hari ke delapan. Upaya PBB dan beberapa delegasi negara yang mendesak gencatan senjata tidak membuahkan hasil.

Kedua pihak kukuh melanjutkan konfrontasi. Diansir dari timeofisrael.com, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyebut kurang lebih 3.000 roket telah ditembakan oleh Hamas ke wilayah Israel selama sepekan terakhir.

Meski sebagian besar dari roket itu mampu ditangkis oleh sistem pertahanan udara Iron Dome, namun beberapa di antaranya berhasil menembus masuk.

Dilaporkan, sepuluh orang di Israel, termasuk seorang anak laki-laki berusia 5 tahun dan seorang gadis berusia 16 tahun, tewas oleh roket Hamas.

 

Sementara ratusan lainnya luka-luka. IDF sendiri telah menggelar dua serangan masif ke Gaza sebagai balasan atas tembakan roket Hamas.

Juru bicara IDF Hidai Zilberman pada Senin (17/5) mengklaim bahwa pihaknya telah menghancurkan terowongan sepanjang 100 kilometer di bawah wilayah Gaza.

“Mereka (Hamas) menghadapi dilema yang sangat besar apakah berada di atas atau di bawah tanah,” kata Zilberman.

Selain hancurnya terowongan milik Hamas, serta pabrik roket dan persenjataan lainnya, serangan militer Israel juga memakan korban jiwa.

Menurut kementerian kesehatan Gaza yang dikelola Hamas, 200 warga Palestina telah tewas sejak awal pertempuran, 59 di antaranya adalah anak-anak. (genpi)

Sumber: www.fajar.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: