Balapan Gila, Brad Binder Juara MotoGP Austria 2021

Balapan Gila, Brad Binder Juara MotoGP Austria 2021

SPIELBERG—Balapan MotoGP Austria di Red Bull Ring yang menjadi seri ke-11 MotoGP 2021 dimenangi Brad Binder. Pembalap Red Bull KTM itu finis di depan Francesco Bagnaia dan Jorge Martin setelah nekat tidak ganti motor meski hujan turun di akhir balapan.

Jalannya Balapan

Pada balapan yang berakhir beberapa saat lalu, Ducati langsung menempatkan tiga pembalapnya di depan sejak start. Francesco Bagnaia terdepan diikuti Jorge Martin dan Johann Zarco. Quartararo yang memulai balapan di posisi kedua terlempar ke posisi enam setelah sempat bersenggolan.

 

Marc Marquez ada di urutan ke-4 dan Miller di urutan ke-5. Lap ke-3 Marquez naik ke posisi ke-3 dan menyodok ke tempat kedua pada lap berikutnya. Bagnaia masih memimpin hingga lap keenam. Di belakangnya ada Martin, Marquez, dan Quartararo.

Lap 7, Quartararo menempati posisi ke-2, Di posisi tiga hingga tujuh ada Marquez, Martin, Zarco, Jack Miller, dan Joan Mir. Memasuki lap ke-8 Quartararo memimpin namun bisa kembali dikejar Bagnaia.

Lap 10, Bagnaia, Quartararo dan Marquez masih di depan. Martin di urutan ke-4 diikuti Zarco dan Miller. Posisi tak berubah hingga lap 14 namun tiga pembalap terdepan sudah mulai melepaskan diri dari kelompok di belakangnya.

Zarco terjatuh di lap 18. Keuntungan besar bagi Quartararo yang masih memimpin klasemen dengan keunggulan 40 poin di atas Zarco. Rider Yamaha itu bisa memperlebar jarak poin. Lap 19, Quartararo melebar. Marquez naik ke posisi kedua. Bagnaia masih memimpin. Martin dan Mir di posisi keempat serta kelima.

Marquez sempat memimpin di lap 20, tapi bisa kembali dikejar Bagnaia. Quartararo masih mengekor di belakang mereka hingga lap 21. Miller dan Rins mengganti motor karena hujan mulai turun. Martin naik ke posisi ketiga. Mir juga sudah mendekat.

Marquez memimpin diikuti Quartararo. Enam pembalap semuanya punya kans juara. Namun, mereka masuk pit untuk mengganti motor karena hujan di tiga lap terakhir. Brad Binder langsung memimpin balapan diikuti Aleix Espargaro dan Valentino Rossi. Marc Marquez terjatuh namun bisa melanjutkan balapan. Binder juga nyaris terjatuh, namun ia akhirnya bisa mempertahankan posisi terdepan. (amr)

Sumber: www.fajar.co.id

Sumber: