>

DISWAY: Hitung Emir

DISWAY: Hitung Emir

Negeri itu berbentuk pegunungan yang tinggi-tinggi. Yang sulit dijangkau. Sekaligus bagus untuk pertahanan. Juga persembunyian.

Di setiap ceruk pegunungan memiliki penguasanya sendiri.

Penguasa gunung itu biasanya kaya. Mereka bukan raja tapi sangat berkuasa. Semua perkataannya ditakuti. Mereka umumnya bergelar Khan.

Alam yang demikian membentuk karakter mandiri. Sulit dijajah. Komunikasinya sedikit, egonya besar. Tapi mereka juga bisa menjadi tuan rumah yang baik untuk tamu-tamu mereka.

Sifat itulah yang kemudian menjadi ciri khas suku Pastun. Yakni suku yang menguasai 50 persen penduduk Afghanistan. Ciri khas itu lantas disebut sebagai Pastunway atau Pastunwadi.

Orang Pastun, seumur hidup, selalu terlibat perang. Baik sebagai perorangan maupun kelompok. Setiap orang Pastun adalah pejuang, politisi sekaligus pengajar agama.

Rasa dendam mereka sangat tinggi. Demikian juga kewaspadaan mereka. Wanita pada dasarnya sangat dilindungi –jangan ganggu wanita mereka. Kemudian menjadi over protected –dalam versi modern disebut kekangan-kekangan.

Banyak juga orang Pastun yang berhasil di luar Afghanistan. Imran Khan, Perdana Menteri Pakistan sekarang adalah orang Pastun. Salman Khan –Anda lebih tahu dari saya– sukses besar sebagai bintang film di Bollywood. Demikian juga bintang film cantik India, Zareen Khan.

 

Sebenarnya kita bisa menghitung sendiri akan ada berapa Emir, kira-kira, di seluruh Afghanistan. Google map bisa sangat membantu. Kita hitung saja: ada berapa puluh atau ratus pegunungan di Afghanistan. Sebanyak itulah Emir yang berkuasa di sana.

Pemilu model Amerika –seperti yang dicoba 20 tahun terakhir– tidak akan memuaskan sistem kekuasaan lokal seperti itu.

Apalagi sistem token ala Papua belum sempat dicoba di sana. (Dahlan Iskan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: