Arab Saudi ke Taliban: Jaga Warga Afghanistan Sesuai Prinsip Islam

Arab Saudi ke Taliban: Jaga Warga Afghanistan Sesuai Prinsip Islam

KABUL– Kerajaan Arab Saudi mendesak Taliban yang merebut ibu kota Afghanistan, Kabul, untuk menjaga keamanan, stabilitas, nyawa dan harta warga, sesuai dengan “prinsip-prinsip Islam”.

“Kerajaan Arab Saudi bersama dengan pilihan yang dibuat masyarakat Afghanistan tanpa campur tangan,” kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dikutip, Selasa (17/8/2021).

“Berdasarkan prinsip-prinsip mulia Islam. Kerajaan Arab Saudi berharap bahwa gerakan Taliban dan seluruh pihak masyarakat Afghanistan akan bekerja sama menjaga keamanan, stabilitas, kehidupan, dan properti,” lanjutnya.

Pasalnya, ribuan warga Afghanistan yang ketakutan akan Taliban menyerbu bandara Kabul untuk melarikan diri. Sebanyak lima orang meninggal dunia dalam kekacauan di bandara internasional di ibu kota Afghanistan tersebut.

Setelah Arab Saudi, Qatar mengatakan tengah mencari transisi damai di Afghanistan dan melakukan yang terbaik untuk membantu upaya mengevakuasi diplomat dan staf asing di organisasi internasional dari negara tersebut.

 


Doha menjadi tuan rumah kantor Taliban sejak 2013 untuk pembicaraan damai dan telah memainkan peran sentral dalam upaya penyelesaian konflik di Afghanistan dengan pasukan AS.

“Ada kekhawatiran internasional tentang laju perkembangan yang cepat dan Qatar melakukan yang terbaik untuk membawa transisi damai, terutama setelah kekosongan terjadi,” kata Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani dalam konferensi pers di Amman, Yordania. (fin/fajar)

Sumber: www.fajar.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: