>

Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Farmasi Unja Adakan Pelatihan

Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Farmasi Unja Adakan Pelatihan

Pembuatan Bakso Jamur di Panti Asuhan Baiturrahman Jambi

JAMBI - Dalam upaya aplikasi Tridharma Perguruan Tinggi, tim pengabdian masyarakat dosen Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (FKIK Unja), melaksanakan pelatihan pembuatan bakso jamur tiram, sebagai makanan fungsional kaya gizi. Kegiatan ini telah dilaksaakan pada hari Sabtu (14/8) lalu di Panti Asuhan Baiturrahman, dan diikuti oleh 27 anak panti asuhan. Ketua Pengabdian Masyarakat Fathnur Sani K., M.Farm.,Apt mengatakan, kegiatan ini dalam pelaksanaannya dibantu oleh mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Farmasi sebanyak 6 orang.
\"Mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan ini sebagai panita, dengan harapan menumbuhkan kepedulian terhadap masyarakat sejak duduk di bangku perkuliahan,\" kata Fathnur Sani kemarin (18/8).
Dia menambahkan, sebenarnya mahasiswa Farmasi lain antusias untuk mengikuti, namun tim sengaja membatasi jumlah mahasiswa untuk mencegah penyebaran Covid-19.

\"2_57\"

Anak-anak panti asuhan yang berhasil menjawab pertanyaan dari tim diganjar hadiah

\"Pengabdian dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, maka sebelum memasuki lokasi penyuluhan, para anak panti asuhan diberikan masker dan diminta mencuci tangan menggunakan sabun yang telah disediakan di lokasi pengabdian,\" jelasnya.
Selain itu, tim juga memberikan perbekalan Hand sanitizer untuk digunakan saat anak panti bepergian keluar panti.
Kegiatan pengabdian ini bertema “Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Bakso Jamur sebagai Upaya Pemberian Inovasi Pangan Fungsional yang Kaya Gizi”. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diketuai Fathnur Sani K., M.Farm.,Apt, dan dengan anggota yaitu Yuliawati, S.Farm., M.Farm., Apt; Diah Tri Utami, S.Si., M.Sc dan Gusmanely.Z, S.Pd., M.Si.
Fathnur Sani K menambahkan, pengabdian ini dianggap sangat perlu untuk memberikan pelatihan serta praktik langsung pembuatan produk olahan jamur tiram, sebagai upaya meningkatkan kualitas pangan dimasa pandemi Covid-19. \"Disamping itu, bisa menjadi sumber inspirasi wirausaha yang dapat dikembangkan oleh anak panti asuhan dan mahasiswa kedepannya,\" harap Fathnur Sani K,\" jelasnya.
Sementara, Pengurus Panti Asuhan Baiturrahman Jambi, Ali Murdani Rambe, S.Pd mengungkapkan bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan ini.
\"Apalagi dengan membantu menyediakan berbagai keperluan, baik itu tempat maupun mengkondisikan peserta kegiatan,\" tandas Ali Murdani Rambe.
Sebagai kenang-kenangan dari tim, diserahkan juga dua puluh baglog (media tanam) jamur tiram, yang jika dipelihara dengan baik maka akan menghasilkan tubuh buah jamur tiram yang digunakan sebagai bahan baku bakso jamur, termasuk kenang-kenangan berupa peralatan memasak bakso seperti blender cosmos dan kompor gas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: