Iran Babak Belur, 100 Ribu Orang Tewas!

Iran Babak Belur, 100 Ribu Orang Tewas!

TEHERAN– Iran babak belur oleh pandemi covid-19 yang mengganas. Hingga Kamis (19/8), korban tewas akibat paparan virus itu trash melebihi 100 ribu orang.

TV pemerintah setempat mencatat, terdapat 564 kematian di hari Kamis, membuat negara di regional Timur Tengah itu makin terpukul.

Mengutip data dari Kementerian Kesehatan Iran, TV pemerintah mengabarkan bahwa total infeksi telah mencapai i 4.587.683. Sebanyak 31.266 di antaranya terjadi erupakan jumlah pparan sejak Rabu (18/8).

“Jumlah total kematian akibat Covid-19 telah mencapai 100.255,” lapor TV.

Sejak Senin, Iran telah memberlakukan pembatasan nasional yang lebih ketat . Pembatasan perjalanan dilkukan dan penutupan bisnis yang tidak penting.

Peningkatan pesat dalam kasus dan kematian COvid-19 dalam beberapa minggu terakhir telah memaksa penguasa Iran untuk mengizinkan impor vaksin yang dibuat oleh perusahaan AS dan Inggris.

Padahal pada Januari 2021 lalu, kedua vaksin itu dilarang oleh otoritas tertinggi Iran, yakni Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei pada Januari.

Pengguna media sosial di dalam dan di luar Iran menuduh lembaga ulama Republik Islam itu lambat dalam memvaksin orang.

Sebab tercatat, hanya sekitar lima juta dari 83 juta penduduk yang telah disuntik penuh. Sementara pihak berwenang Iran menyalahkan sanksi AS atas masalah dalam pengadaan vaksin asing dan keterlambatan pengiriman.(ant/genpi/fajar)

Sumber: www.fajar.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: