Kinerja Positif Bank Jambi di Masa Pandemi

Kinerja Positif Bank Jambi di Masa Pandemi

Beberapa pekan terakhir Bank Jambi juga kembali menerima sejumlah prestasi, dinobatkan sebagai #BPD – Bintang 4 dalam kategori Top BUMD Awards 2021 yang di selenggarakan oleh Top Business. Ada empat kriteria penilaian dalam ajang ini yakni pertama berkinerja baik, banyak melakukan improvement/inovasi perbaikan. Selain itu berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, serta memiliki Strategi dan inovasi di masa Pandemi Covid-19 agar bisnis tetap tumbuh berkelanjutan.

\"Arah dan kebijakan Bank Jambi tahun 2021 masih akan berfokus pada Penyaluran dana PEN secara maksimal. Peningkatan portofolio kredit (produktif dan konsumtif, red). Peningkatan DPK murah, dan Optimalisasi pelayanan berbasis digital,\" paparnya.

Saat ini Bank Jambi sedang melaksanakan pembangunan gedung setinggi 12 lantai, adapun progress pembangunan hingga saat ini (minggu 49) telah mencapai 41,658 persen dari target semula yang hanya sebesar 39,403 persen. Proses pelaksanaan konstruksi terdiri dari Pekerjaan Struktur sudah sampai dengan pengerjaan Lantai Keramik Tangga Kebakaran dari lantai Basement s/d lantai 12, Railling Tangga Kebakaran dari lantai Basement s/d lantai 12, ACP Fasade area Utara, Selatan dan Barat, Curtain Wall area Selatan, Timur dan Barat. Pekerjaan Arsitektur saat ini dalam proses pekerjaan dinding bata ringan untuk area toilet, tangga kebakaran, masjid, ballroom dan partisi dinding ruangan lainnya. Pekerjaan Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing saat ini proses pekerjaan Instalasi Plumbing Air Hujan dari lantai Atap s/d lantai Basement, Instalasi Sprinkler & Hydrant darl lantai Basement s/d lantai 11, Instalasi Penangkal Petir sudah selesai, Instalasi Kabel Tray dari lantai Basement s/d lantai 12, Instalasi Kabel Ladder dari lantai Basement s/d 12.

\"Insya Allah pembangunan Menara 9 tepat waktu, sesuai jadwal dan akan di launching 8 Januari 2022 mendatang, bertepatan dengan hari ulang tahun Bank Jambi ke-59, untuk itu mohon doa dan restu masyarakat Jambi,\" tandas Bang El.

Sementara dari sisi permodalan, Bank Jambi sedang berupaya untuk memenuhi modal setor sesuai regulasi yang diamanatkan dalam POJK POJK No.12/POJK.03/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Konsolidasi Bank Umum pada pasal 8 yang menyebutkan bahwa “Bagi Bank milik pemerintah daerah wajib memenuhi Modal Inti minimum paling sedikit Rp3.000.000.000.000,00 (tiga triliun rupiah) paling lambat tanggal 31 Desember 2024”. Adapun komponen modal inti sendiri terdiri dari modal setor, cadangan-cadangan, laba tahun berjalan. Bank Jambi menyusun action plan dalam rangka pemenuhan modal inti tersebut dengan proyeksi komposisi masing-masing di 2024 untuk modal setor sebesar Rp1,6 Triliun; cadangan Rp1,2 Triliun; laba tahun berjalan sebesar Rp352 Milyar. Untuk posisi modal inti saat ini sudah mencapai Rp1.7 Triliun dengan komposisi masing-masing untuk modal setor sebesar Rp768 Milyar; cadangan sebesar Rp720 Milyar; laba tahun berjalan sebesar Rp245 Milyar

Hingga saat ini Bank Jambi telah melakukan langkah strategis dalam rangka pemenuhan modal inti tersebut di antaranya dengan melakukan sosialisasi ke pemegang saham, menginisiasi pemegang saham untuk me-review/menyusun Ranperda Penyertaan Modal, melakukan pembahasan dengan lembaga legislatif (DPRD). Bank Jambi tetap optimis mampu mencapai modal inti tersebut.

Meskipun saat ini Industri perbankan menghadapi dampak krisis akibat pandemic Covid-19 namun sedikit memberikan dampak positif pada aspek keuangan maupun fundamental. Hal ini tidak menjadi halangan melainkan menjadi sebuah prestasi yang luar biasa atas perolehan PT. BPD JAMBI dalam menorehkan kinerja yang menawan sehingga secara objektif layak untuk memperoleh penganugerahan “26 Infobank Awards 2021” dimana berhasil mencatatkan kinerja yang baik serta aspek keuangan yang unggul sepanjang tahun 2020 versi majalah infobank atas hasil survey independen Biro Riset Infobank tahun 2021.

                Daftar nominasi dan penghargaan yang berhasil diraih oleh PT BANK JAMBI dalam ajang 26th Infobank Awards 2021”:

No

Kategori              

Predikat

1

Diamond Trophy

Kinerja” Sangat Bagus” 20 Tahun Berturut-turut

2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: