Jet Sukhoi Rusia Terbangi Langit Belarusia

Jet Sukhoi Rusia Terbangi Langit Belarusia

JAMBIEKSPRES.CO.ID-Ditengah ancaman Amerika Serikat dan meningkatnya ketegangan dengan NATO, Rusia mengirim sejumlah jet tempur canggih Su-35 ke Belarusia pada Rabu (26/1) waktu setempat.
 
Pengiriman jet-jet tempur tersebut adalah bagian dari persiapan latihan bersama Union Resolve 2022 antara Moskow dan Minsk yang akan dimulai pada 10 Februari mendatang, seperti yang dikonfirmasi Kementerian Pertahanan Rusia.  

\"Awak pesawat tempur multiguna Su-35S dari wilayah militer timur, terus melakukan rebase ke lapangan terbang Belarusia. Selama penerbangan, para kru berhenti sebentar-sebentar di lapangan terbang wilayah militer tengah dan barat, untuk beristirahat dan bersiap untuk lepas landas berikutnya,\" kata Kemenhan Rusia dalam sebuah pernyataan tertulis, seperti dikutip dari RT, Kamis (27/1).

 

Di Belarus, pesawat akan mengikuti latihan yang dirancang untuk menguji kesiapan sistem pertahanan anti-udara gabungan Rusia dan Belarus, yang merupakan mitra militer dekat. Tak hanya udara, latihan skala besar juga akan melibatkan pasukan darat.

Amerika Serikat yang menuding bahwa latihan tersebut bisa saja \"kepura-puraan\" untuk maksud yang sebenarnya yaitu invasi ke Ukraina, telah meluncurkan ancaman bahwa setiap tindakan yang berpotensi \'menyerang\' Ukraina akan mendapat ganjaran yang berat.

\"Kami telah menjelaskan kepada Belarus bahwa jika memungkinkan wilayahnya digunakan untuk serangan ke Ukraina, itu akan menghadapi tanggapan cepat dan tegas dari Amerika Serikat dan sekutu serta mitra kami,\" kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price pada Rabu.

 “Jika invasi akan dilanjutkan dari Belarus, jika pasukan Rusia ditempatkan secara permanen di wilayah mereka, NATO mungkin harus menilai kembali postur kekuatan kita sendiri di negara-negara yang berbatasan dengan Belarusia,\" katanya.

Price juga menyebut keputusan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko untuk mengizinkan sejumlah besar pasukan ke wilayahnya sebagai \"penghinaan terhadap kedaulatan Belarus.\"

Sukhoi Su-35 adalah pesawat tempur pertahanan udara berkursi tunggal bermesin ganda yang pertama kali dikembangkan di Uni Soviet, yang sebelumnya dikenal sebagai Su-27M.
 
Pesawat itu berganti nama menjadi Su-35 setelah pembubaran Uni Soviet, dan pada tahun 2008, versi modern dengan kokpit yang didesain ulang dan sistem kontrol senjata melakukan penerbangan pertamanya.  

Pesawat tersebut telah diekspor ke beberapa negara lain, termasuk China dan Mesir. (rmol.id)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: