Antisipasi Geng Motor, Forum RT Bersama Tim Gabungan Gelar Patroli Serentak di Kota Jambi

Antisipasi Geng Motor, Forum RT Bersama Tim Gabungan Gelar Patroli Serentak di Kota Jambi

JAMBI-Forum RT Kota Jambi bersama tim gabungan dari kelurahan, Babinsa dan Babinkamtibmas serta Organisasi Paguyuban Pujakesuma, menggelar patroli secara serentak di Kota Jambi Sabtu (29/1) dini hari sekira pukul 01.00 WIB. Patroli digelar di 62 Kelurahan dan 1.648 RT, dipimpin langsung para lurah masing-masing.

Ketua Forum RT Kota Jambi H Suparyono saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan ini dilakukan sesuai dengan instruksi waktu audiensi dengan Polda Jambi, untuk mengantisipasi aksi geng motor di seluruh Wilayah Kota Jambi.

\"Saya menggerakkan seluruh ketua RT di Kota Jambi untuk melakukan patroli dan mengaktifkan siskamling dalam upaya menekan serta mengawasi aktifitas remaja yang sering keluar malam dan berkumpul melakukan hal yang membahayakan bagi warga,\" kata H Suparyono yang juga Ketua Paguyuban Pujakesuma Provinsi Jambi itu.

Suparyono menjelaskan, patroli serentak dimulai pukul 22.00 WIB sampai dengan pukul 01.00 WIB dini hari. Dimana pihaknya masih menemukan puluhan remaja yang masih keluyuran dan berkumpul di sejumlah titik seperti, di luar bedeng-bedeng, lorong-lorong, dan di taman.

\"Hasil dari patroli serentak semalam, kita masih menemukan puluhan remaja yang keluyuran dan berkumpul di 12 titik Kota Jambi. Kita langsung memberikan pembinaan, dan perintahkan untuk pulangke rumah masing-masing,\" jelasnya.

Dari puluhan remaja yang ditemukan, sebut Suparyono, rata-rata di bawah umur dan tidak ada yang membawa sajam. Kemudian ada sebagian dari remaja yang ditemukan pihaknya, sebelumnya pernah dilakukan pembinaan.

\"Mereka sebenarnya anak yang baik, dan sudah pernah kita lakukan pembinaan sebelumnya. Namun, ada oknum dari segelintir remaja yang mengajak mereka untuk melakukan aksi kejahatan, jadi mereka ini terbawa arus tersebut. Maka dari itu perlu peran dari orang tua,\" sebutnya.

Kemudian, dirinya menekankan, kepada seluruh Ketua RT agar mengoptimalkan penjagaan ketat. Melarang remaja untuk keluar malam dini hari, dan melarang remaja luar masuk ke RT masing-masing di atas pukul 22.00 WIB.

\"Itu himbauan saya untuk menekan aksi geng motor. Kegiatan lain yang akan terus kita buat upaya menyibukkan mereka untuk melakukan kegiatan positif seperti, kompangan, pengajian, kegiatan edukasi karang taruna, kita arahkan kesitu. Jadi supaya mereka tidak keluar,\" sebutnya.

Untuk diketahui, patroli serentak ini akan terus dilakukan setiap malam harinya, dimulai dari Juamat malam (28/1), dan sistemnya akan dilakukan bergantian piket jaga malam dari anggota RT minimal 10 orang setiap malamnya titik kumpul di Kelurahan masing-masing dari anggota 5 RT diambil 2 orang. (rhp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: