PPBI Cabang Muaro Jambi Gelar Pameran Nasional Bonsai

PPBI Cabang Muaro Jambi Gelar Pameran Nasional Bonsai

JAMBI- Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia cabang Muaro Jambi atau biasa dikenal PPBI CMJ menggelar Pameran Nasional Bonsai. Gelaran pameran tersebut diselenggarakan pada 29 Januari hingga 5 Februari 2022.

\"Pameran

Menurut H.Abdul Halim, ST.MT, Ketua PPBI Cabang Muaro Jambi pameran bonsai tingkat nasional ini digelar untuk memperingati hari jadi PPBI CMJ yang kedua serta memperingati HUT Provinsi Jambi yang ke 65.

“Pameran nasional bonsai ini diikuti oleh 29 Cabang PPBI yang berasal dari Kabupaten/kota dari 7 Provinsi yakni, Jambi, Sumsel, Sumbar, Riau, Babel, Bengkulu dan Lampung,”ujar H Abdul Halim kepada Jambi Ekspres.

Halim menjelaskan, sampai dengan penerimaan Bonsai hari ke-2, sudah terdaftar 450 bonsai dari target minimal 500 bonsai. Pameran ini juga dibarengi dengan kontes Bonsai yang akan dinilai tim juri yang terdiri dari 6 juri nasional bersertifikat.

“Bonsai yang dipamerkan dikelompokkan dalam empat kelas dari kasta yang terbawah sampai yang tertinggi yaitu kelas Prospek, Pratama, Madya dan Utama,”jelas Abdul Halim.

Abdul Halim menambahkan,untuk kelas utama di pameran ini, merupakan kali pertama dihadirkan di Jambi dengan bonsai berkualitas tinggi. Karena sudah memiliki kematangan, keserasian dan keseimbangan dari komposisi akar, batang, percabangan dan perantingan dan telah memiliki kesan tua pada tekstur pohonnya.

Ketua PPBI Cabang Muaro Jambi ini berharap Bapak Gubernur Jambi H.Al Haris, didampingi Bapak Walikota dan Bupati Muaro Jambi dapat membuka resmi acara ini pada tanggal 4 Feb 2021 pukul.15.00 sore hari.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemprov Jambi dalam hal ini Bapak Gubernur dan Kadispora Provinsi yang telah memfasilitasi dg meminjamkan pelataran Gedung Senam untuk pelaksanaan Pameran Nasional ini,”jelasnya

Abdul Halim berharap pameran nasional bonsai ini memberikan pembelajaran bagi masyarakat Jambi tentang seni mengkerdilkan tanaman ini.
“Bonsai itu memiliki nilai ekonomis yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Jambi,”ungkapnya.

Sementara itu, PPBI merupakan organisasi tertua bonsai di Indonesia.. berdiri sejak awal tahun 80\'an. Saat ini memiliki 171 cabang di seluruh Indonesia dengan ketua umum H.Erwin Lismar, SE yang juga owner dari RM Pagi Sore.

Untuk Cabang Muaro Jambi sendiri berdiri sejak 10 September 2019 yang di nahkodai oleh H.Abdul Halim, ST.MT. dengan anggota tidak kurang dari 200 orang yang berdomisili di Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi. (rid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: