Rusia Terkena Dampak Sanksi, Eropa Bakal Lebih Sengsara, Kremlin: AS Malah Tak Kena Dampaknya

 Rusia Terkena Dampak Sanksi, Eropa Bakal Lebih Sengsara, Kremlin:  AS Malah Tak Kena Dampaknya

MOSKOW - Situasi keseimbangan pasokan energi di Eropa akan memburuk, tetapi tidak akan mempengaruhi Amerika Serikat. Hal itu sebagai konskuensi penerapan sanksi Barat terhadap Rusia terkait invasinya ke Ukraina.

Jurubicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan semakin hari Rusia terkena dampak sanksi, nasib Eropa juga akan menjadi lebih sengsara. Pernyataan tersebut terungkap saat konferensi harian Kremlin, Senin (21/3).

\"Embargo seperti itu akan sangat berdampak serius pada pasar minyak global, sangat berdampak buruk pada keseimbangan energi di benua Eropa,\" ujar Peskov kepada wartawan, seperti dikutip oleh Reuters.

Kremlin memperingatkan sanksi Uni Eropa (U) terhadap minyak Rusia akan mendorongnya untuk menutup pipa gas ke Eropa. Menurut beberapa analis politik Eropa, untuk saat ini, UE yang terdiri dari 27 negara, 40 persen pasokan gasnya sangat bergantung pada Rusia.

Mereka terpecah tentang cara mengatasi masalah energi. Ini terutama nyata bagi Jerman, negara UE yang paling bergantung dari ekonomi besar blok itu.

\"Orang Amerika akan tetap seperti apa adanya dan akan merasa jauh lebih baik daripada orang Eropa (dalam hal embargo minyak). Ini akan sulit bagi orang Eropa keputusan seperti itu akan menyakiti semua orang,\" jelas Peskov.

Tetapi apakah akan menargetkan minyak Rusia, seperti yang telah dilakukan Amerika Serikat dan Inggris? Jadi pilihan yang sulit dan memecah belah bagi 27 negara Uni Eropa, yang bergantung pada Rusia untuk 40% gasnya.

Hanya beberapa jam sebelum pernyataan Kremlin itu datang, beberapa menteri luar negeri Uni Eropa membahas embargo minyak sebagai bagian dari sanksi putaran kelima terhadap Rusia, dalam upaya untuk menghukum Moskow atas peristiwa di Ukraina.

Para diplomat mengatakan, serangan senjata kimia Rusia di Ukraina, atau pemboman besar-besaran di ibukotanya Kyiv, bisa dikatakan sebagai pemicu embargo energi itu. Di mana Rusia mengatakan pihaknya hanya menargetkan infrastruktur militer, bukan sipil.

Seperti dilaporkan Reuters, negara-negara Baltik termasuk Lithuania mendorong embargo sebagai langkah berikutnya. Sementara Jerman, yang sangat bergantung pada gas Rusia, memperingatkan agar tidak bertindak terlalu cepat karena harga energi yang sudah tinggi di Eropa.

\"Tidak dapat dihindari kita mulai berbicara tentang sektor energi, dan kita pasti dapat berbicara tentang minyak karena itu adalah pendapatan terbesar untuk anggaran Rusia,\" ujar Menteri Luar Negeri Lithuania, Gabrielius Landsbergis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: