Sejak Invasi Ukraina Putin Jadi Sorotan, Ini Harga-Harga Pakaian yang Dikenakan Presiden Rusia Itu

Sejak Invasi Ukraina Putin Jadi Sorotan, Ini Harga-Harga Pakaian yang Dikenakan Presiden Rusia Itu

MOSKOW - Sejak keputusannya menginvasi Ukraina 34 Februari lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin selalu menjadi perhatian publik Internasional. Tidak hanya kebijakannya soal perang, tapi aktivitas kesehariannya juga tak luput dari pantauan.

Putin disebut-sebut selalu mengenakan pakaian mewah dalam kesehariannya. Bahkan, harga pakaiannya lebih tinggi 30 kali rata-rata upah bulanan di Rusia.

Melansir laporan The Sun, Rabu (23/3), harga mantel Putin bermerek Loro Piana seharga GBP 10 ribu atau sekitar Rp190 juta saat melakukan rapat umum dengan pejabat lain di negaranya.

Dia juga mengenakan kaus berleher tinggi seharga GBP 2.400 atau setara Rp45 juta dan jam tangan mewah. Merek pakaian kesukaan Putin ialah Brioni asal Italia.

Sementara itu, sepatu favoritnya dirancang oleh Salvatore Ferragamo dan John Lobb. \"Setelan jasnya dibanderol mulai dari GBP 4 ribu (Rp 76,2 juta) dan diproduksi oleh seorang penjahit terampil,\" kata Russia Beyond, dikutip The Sun, Rabu (23/3).

Diketahui, koleksi jam tangan yang dimiliki Putin mencapai GBP 450 ribu atau Rp8,5 miliar. Salah satu jam tangannya ialah Toubograph seharga GBP 300 ribu atau Rp 5,7 miliar dengan tali yang terbuat dari kulit buaya berlapis emas.

Putin juga diketahui pernah memberikan beberapa arloji mahalnya, seperti saat dia menghadiahkan jam tangan seharga Rp 152 juta kepada seorang anak di Siberia saat berlibur pada 2009.

Tidak hanya itu, Putin juga pernah menggunakan pakaian olahraga Loro Piana yang terbuat dari kasmir dan sutra. Dia juga memiliki rumah mewah seharga USD 1 miliar atau setara denga Rp14,3 triliun yang dikenal sebagai \'Istana Putin\'.

Sebanyak 58 pesawat dan helikopter serta kapal pesiar senilai GBP 73 juta atau Rp1,3 triliun juga tercatat sebagai aset pribadi Putin. Baru-baru ini, otoritas Italia mengungkapkan bahwa Putin memiliki kapal pesiar mewah seharga GBP 532 juta atau sekitar Rp10 triliun. (jpnn/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: