DISWAY: Drone Kamikaze

DISWAY: Drone Kamikaze

Meski fenomena drone terlihat belum lama, kata drone sendiri sudah dipakai sejak tahun 1935. Yakni ketika Abraham Karem menemukannya.

Abraham lahir di Baghdad, Iraq. Waktu remaja ia pindah ke Israel –ia keturunan Yahudi. Ia sekolah di Israel sampai lulus universitas. Ia mengambil mata kuliah teknologi penerbangan –sesuai dengan hobinya sejak kecil.

Maka Abraham Karem disepakati sebagai \'\'Bapak Drone\'\'. Ia masih hidup. Kini tinggal di Amerika Serikat.

Wang juga punya hobi pesawat sejak kecil. Ia kini berumur 41 tahun. Menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Sedang Abraham, kini 84 tahun, tetap jadi ilmuwan –masuk lingkaran ilmuwan elit di Amerika.

Abraham membuat drone pertama ketika terjadi perang Yom Kippur. Yakni perang di bulan Ramadan tahun 1973. Antara Israel dan koalisi Arab –yang dipimpin Mesir dan Syria.

Israel yang menang. Sejak saat itu daratan tinggi Golan di Syria dikuasai Israel - -sampai sekarang. Mesir juga kehilangan Sinai –belum semuanya bisa direbut kembali sampai sekarang.

Perang itu kini sudah berlalu, 47 tahun. Sejak itu drone memang terus digunakan untuk perang di Iran, Iraq dan di mana saja. Tapi baru di Ukraina ini drone masuk  jadi pemeran utama. (Dahlan Iskan)

Anda bisa menanggapi tulisan Dahlan Iskan dengan berkomentar http://disway.id/. Setiap hari Dahlan Iskan akan memilih langsung komentar terbaik untuk ditampilkan di Disway.

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Berjudul Puasa Lokalmzarifin umarzain

Beda NU dan Muchammadiyyah belum bisa disamakan. Alternatif yg ke-3 barangkali bisa diterima yaitu cara: IJTIMAA\' QOBLA LFAJRI. Selama ijtimaa\' terjadi sebelum shubuuch, maka setelah shubuuch sudah harus berpuasa, bila itu ijtimaa\' awwal romadhoon. Dg mengartikan ru\'yah hilaal, sebagaimana ayat: a lam taroo kaifa fa\'ala Robbu Ka bi ashchaabi lfiil. Taroo= mengetahui posisi hilaal saat setelah ijtimaa dg teleskop laser, yg pernah dipublikasikan oleh p Agus Mustofa, yg bisa mengetahui keadaan bulan sebelum, saat, sesudah ijtimaa\', tak harus dg melihat langsung, bisa dg meneliti, menghitung, melihat jadwal ijtimaa\'. Bila sudah ijtimaa\' pd jam 12.50 wib jum\'at 1 april 2022 maka sudah masuk romadhoon, sudah harus berpuasa, sesuai perintah Allooh di Qur-aan.

 

Fantra Salahuddin

Bapak mengikuti orang yg lebih pintar daripada bapak, maka puasa belakangan. Seakan berkata, \"semua orang Muhammadiyah lebih bodoh daripada bapak\". Dan juga, mau bertanya, kapan ya kata Islam itu dipakai secara formal dan nonformal?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: