DISWAY: Drone Kamikaze

DISWAY: Drone Kamikaze

 

ahmad faqih

Maaf pak dahlan, Pemahaman tentang teknik rukyayul hilal agak kurang tepat. Ukuran derajat saat rukyatul hilal diukur pada saat tenggelamnya matahari di masing2 daerah. Jadi proses rukyatul hilal daerah yg berada ditimur tentu lebih dahulu drpd daerah yg berada di barat. TIDAK DALAM WAKTU BERSAMAAN ????

 

Mujiburohman Abas

Abah DI nggak pernah kuliah Ilmu Falak ya waktu di IAIN?

 

Mirza Mirwan

Sebenarnya yang mulai berpuasa 2 April (Sabtu) dan 3 April (Ahad) sama-sama benar. Secara ilmu Falak (astronomis) 2 April hilal sudah berwujud -- artinya sudah masuk bulan ramadhan -- hanya ketinggiannya saja yang tak memungkinkan dapat terlihat dengan mata. Sementara yang berpuasa mulai 3 April berdasarkan keputusan pemerintah dari hasil pengamatan (rukyat) dari ratusan titik pada 1April. Karena hilal tidak terlihat, bulan Sya\'ban digenapkan menjadi 30 hari, dan awal Ramadhan 3 April (Ahad). Mungkin banyak pembaca yang tidak tahu, atau tidak sadar, bahwa rerata jumlah hari dalam bulan hijriyah hanyalah 29,3 hari. Kalau tahun ini Sya\'ban digenapkan 30 hari, sepertinya yang berpuasa 2 April dan 3 April akan lebaran berbarengan. Sebab, kalau yang mulai 3 April berpuasa 30 hari, berarni taruhan pada malam takbiran bulan sudah terlihat jelas di langit barat -- saya sudah sering mengalaminya saat kanak-kanak dulu.

 

bagus aryo sutikno

Indahnya Indonesia. Saat rekan di Jayapura dah berbuka puasa, yg di Aceh lagi sholat ashar. Saat saya menikmati Dunia dalam berita, rekan di Ambon dah bobok, wong dah jam 11 malam. Biarlah perbedaan ini ada. Sebagaimana istriku berbeda dengan istri orang lain. Kalau dibuat sama, waduch gimana githu.

 

Amat Kasela

Indahnya perbedaan. Saya suka ini. Bukan urusan salah menyalahkan, sekarang saatnya hormat menghormati. Saya dan istri justru disatukan oleh perbedaan : beda jenis kelamin. Itu menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: