DISWAY: Nasib BLT

DISWAY: Nasib BLT


Lukman bin Saleh

Akan sangat menarik kalau bung KS dan Buzer NKRI yg taruhan. Pak Mirza atau Mbah Mars yg merumuskan draf aturan, sekaligus juri...

 

ulul azmi

Dulu saya baca DIsway karena sifatnya feature unik, mencerahkan. Sekarang, 4 dari 5 daftar isi DIsway yg tampil di halaman depan bagaikan rollcoaster. Cerita ini sdh ada di Koran yg seragam itu (seperti koran di Vietnam). Saya, padahal, sdh tidak baca koran dan tidak nonton TV karena seragam, dan walaupun sdh dipoles, isi beritanya cenderung membuat pesimis. Saya juga gak mau menyusahkan hidup yg sdh susah. Tapi saya bingung dgn alasan pilihan Abah, pertimbangan jualan atau memang ibu pertiwi lagi sakit?. Kita ingatkan ke semuanya, jangan kecewa, kalau pemerintah tampak lemah atau bodoh itulah potret kita, kata Ali bin Abi Thalib. Kita perbaiki diri kita dgn sendirinya pemerintahan akan dgn sendirinya baik. Kita juga semangati Pak Mahfud, jangan berharap dari langit tapi berbuatlah sehingga lahir orang hebat dan baik di 2024 dari rahim ibu pertiwi sendiri bukan impor meskipun terlihat murah.

 

Antonio Samaran

Bagaimana kalo 100% minyak goreng tdk usah dilarang tapi dikenakan pajak DMO sebesar selisih harga pasar dikurangi harga HET (anggaplah 14.000). Selisihnya dikalikan dengan total kebutuhan minyak nasional dan kemudian dibagi jumlah total produksi minyak sawit. Uang pajak DMO ini lah yg dipake buat membeli minyak goreng dari pabrik dengan harga internasional dan dijual dengan harga 14.000. Jadi win win solution. Adil dan tidak merusak mekanisme pasar. Wibawa pemerintah terjaga tanpa merengek-rengek minta ke pengusaha.

 

NO Name

Saya pernah jadi agen minyak goreng, sekali saja setelah itu kapok. Komisi penjualan agen dalam persentase dihitung dengan jari sebelah tangan, dan hanya bisa mengharapkan dari volume penjualan untuk mendapat keuntungan. Ketika harga sedang bagus, pabrik migor lebih suka ekspor dan pedagang kekosongan barang dan menjadi sasaran kemarahan pembeli. Ketika harga migor sudah turun, pedagang setiap minggu harus memonitor persediaan dan harga yang berlaku minggu tersebut kalo tidak hati-hati bisa tekor karena harga turun dibawah modal sementara persediaan masih banyak. Sebenarnya siapa yang paling diuntungkan dari industri minyak goreng?

 

Ibnu Shonnan

Para petani padi menjadi penasaran. Adakah petugas partai yang membelanya. Membela saat musim panen gabah harga anjlok. Saat musim tanam harga pupuk melejit naik plus langka. Belum ketika alam kurang bersahabat dengan banjir dan anginnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: