Periode Angkutan Lebaran 2025, Bandara Jambi Layani 83.214 Penumpang
Selama Angkutan Lebaran 2025, Bandara Jambi Layani 83 Ribu Penumpang-Foto: ANTARA-
JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Posko Angkutan Lebaran 1446 H / 2025 M di Bandara Sultan Thaha Jambi resmi ditutup pada Jumat (11/4/2025).
Selama periode pelaksanaan yang berlangsung sejak 21 Maret hingga 11 April 2025, tercatat Bandara Sultan Thaha Jambi melayani sebanyak 83.214 penumpang, menunjukkan peningkatan sebesar 10% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Selain itu, peningkatan juga terjadi pada pergerakan pesawat yang mencapai 574 pergerakan, naik 11% dari tahun 2024 yang mencatat 519 pergerakan. Sementara itu, untuk pergerakan kargo justru mengalami sedikit penurunan sebesar 5%, yakni dari 161,7 ton di tahun sebelumnya menjadi 153,84 ton di tahun ini.
BACA JUGA:Tabel KUR BRI April 2025, Pinjaman 15 Juta, Cicilan Hanya Rp 300 Ribuan Per Bulan, Begini Caranya
BACA JUGA:Terbaru! Berikut Penjelasan Kemenag Soal Kapan Dimulainya PPG Mapel Umum
Selama masa posko, Bandara Sultan Thaha Jambi juga melayani 59 penerbangan tambahan (extra flight). Tingkat ketepatan waktu penerbangan (On Time Performance/OTP) tercatat sebesar 75% dari total penerbangan terjadwal. Load Factor juga menunjukkan performa positif, yakni sebesar 89%, atau 83.214 penumpang dari total 93.499 kursi yang tersedia.
BACA JUGA:Warga Jambi Full Senyum, BBM Turun Rp 1.050, Ini Harga Baru Pertamax-Pertalite di SPBU 12 April 2025
Adapun puncak arus mudik terjadi pada H-2 (29 Maret 2025) dengan jumlah penumpang mencapai 5.472 orang, sementara puncak arus balik tercatat pada H+6 (7 April 2025) dengan 5.186 penumpang.
General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi, Ardon Marbun, menyampaikan apresiasi atas kolaborasi seluruh pihak dalam mendukung kelancaran operasional posko. “Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak atas dukungan, kerja sama, dan sinergi yang terjalin dalam menyukseskan operasional Posko Angkutan Lebaran 1446 H / 2025 M,” ujar Ardon.
BACA JUGA:Wali Kota Jambi Tinjau Fasilitas Pengolahan Air, Tirta Mayang Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan
Ia juga menambahkan harapannya agar semangat pengabdian yang telah ditunjukkan selama periode posko dapat terus dijaga dan ditingkatkan, demi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, bangsa, dan negara, khususnya pengguna jasa Bandara Sultan Thaha Jambi. (*)
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


