OJK dan FK-IJK Provinsi Jambi Gelar Puncak Acara Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2024

Minggu 27-10-2024,21:22 WIB
Reporter : Fauzi Yosi Esiska
Editor : Misriyanti

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - OJK bersama dengan Industri Jasa Keuangan (IJK) Provinsi Jambi, menggelar Puncak Acara Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2024. Kegiatan yang dilaksanakan dipelataran Gedung Mahligai 9 Bank Jambi langsung dihadiri Pjs. Gubernur Jambi, Dr. H. Sudirman, S.H.,M.H, Kepala OJK Provinsi Jambi Yudha Nugraha Kurata, Dirut Bank Jambi yang diwakili Direktur Kepatuhan Hj. Riza Roziani, KPw Bank Indonesia Provinsi Jambi, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Kadis Kominfo Provinsi Jambi, beserta seluruh Pimpinan IJK serta Asosiasi IJK Provinsi Jambi.


Bazar UMKM dengan transaksi menggunakan QRIS untuk lebih mengenalkan transaksi keuangan non tunai kepada masyarakat-Foto: Istimewa-

Dalam Sambutannya, Ketua Panitia yang merupakan Dirut Bank Jambi dan dalam acara ini diwakili oleh Direktur Kepatuhan Hj. Riza Roziani mengatakan, acara ini merupakan sarana untuk mempercepat serta memperluas akses keuangan masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan.


Foto bersama Pjs Gubernur Jambi, Kepala OJK Provinsi Jambi, KPw BI Provinsi Jambi, Direktur Kepatuhan Bank Jambi Kepala OPD terkait dan Pimpinan dan Asosiasi IJK Provinsi Jambi-Foto: Istimewa-

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan memperkuat perekonomian nasional pada umumnya, sinergi literasi dan inklusi IJK penting dilakukan, dengan memiliki literasi dan inklusi keuangan yang kuat maka dapat mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045 mendatang,”  Direktur Kepatuhan Hj. Riza Roziani, Sabtu (26/10) lalu.


Kemeriahan fun walk Puncak Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2024 OJK dan FK IJK Provinsi Jambi-Foto: Istimewa-

Sementara, Kepala OJK Provinsi Jambi, Yudha Nugraha Kurata dalam sambutannya mengatakan, Bulan Inklusi Keuangan sudah dilaksanakan secara rutin sejak tahun 2016 lalu, tujuannya guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, beliau menghimbau kepada IJK untuk menciptakan produk khusus, sehingga dapat menumbuhkan minat masyarakat dalam  menggunakan produk IJK.


Foto bersama dengan pemenang Fashion Show-Foto: Istimewa-

“Program BIK sudah kami laksanakan sejak bulan September diantaranya OJK-IJK goes to campus, serta pelaksanaan edukasi keuangan oleh IJK, jelas Kepala OJK Provinsi Jambi, Yudha Nugraha Kurata.

Kegiatan lain yang kami laksanakan sebagai bagian dari seluruh program kegiatan BIK 2024 ini yakni Run for Inclusion, pada kegiatan ini, peserta diwajibkan memiliki dan menggunakan produk jasa keuangan sebagai syarat untuk menjadi peserta.

Hal dimaksudkan untuk mengajak seluruh masyarakat Jambi, untuk tetap sehat dengan mengikuti kegiatan lari sekaligus ajang bagi seluruh IJK, untuk melakukan kegiatan inklusi keuangan memperkenalkan produk-produk jasa keuangan yang mereka miliki, agar mudah untuk di akses oleh lapisan masyarakat.

Kemudian kompetisi The Genius, mengadaptasi lomba cepat tepat, kegiatan ini dapat mengasah kemampuan pengetahuan mahasiswa maupun pegawai IJK mengenai produk dan layanan sektor jasa keuangan, lalu Duta Literasi Keuangan pencarian bakat dalam hal ini mahasiswa/i dari perguruan tinggi tiap daerah di Provinsi Jambi, untuk menjadi perwakilan dari kami yang nantinya akan bertugas menjalankan program yang berkenaan dengan Literasi dan Inklusi Keuangan  dan seleksinya sudah berlangsung cukup dari Bulan April hingga Bulan ini.

“Kita mendidik serta membekali mahasiswa/i terpilih dari perguruan tinggi yang ada di Kabupaten/Kota dengan produk layanan IJK, agar siap mengedukasi masyarakat yang ada didaerahny,” jelasnya. 

Pjs. Gubernur Jambi, Dr. H. Sudirman, S.H.,M.H menambahkan, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh OJK dalam rangkaian acara Puncak Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2024, ini adalah upaya untuk peningkatan ekonomi dengan cara memperluas akses pengenalan masyarakat terhadap produk dan layanan IJK  sehingga masyarakat dalam memilih produk yang pas sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Edukasi literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat Jambi sangatlah penting  untuk itu kami Pemprov Jambi sangat mendukung terselenggaranya kegiatan yang dilaksanakan oleh  OJK dan IJK Provinsi Jambi guna meningkatkan ekonomi masyarakat Jambi kedepannya," tandas Pjs Gubernur Jambi, Dr. H. Sudirman, S.H.,M.H.

Kategori :