UNJA Resmi Tambah 7 Guru Besar Baru, Kini Miliki 73 Profesor

Sabtu 26-10-2024,11:27 WIB
Reporter : Bakar
Editor : Misriyanti

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Universitas Jambi (UNJA) telah resmi menambah 7 Guru Besar baru, setelah terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tentang kenaikan jabatan akademik dan fungsional dosen. Dengan penambahan ini, total jumlah Guru Besar di UNJA kini mencapai 73. Ini merupakan langkah positif bagi pengembangan akademik dan penelitian di UNJA.

Adapun 7 Guru Besar tersebut berasal dari 3 Fakultas, dengan rincian 2 Guru Besar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 4 Guru Besar dari Fakultas Pertanian (FAPERTA) dan 1 Guru Besar dari Fakultas Peternakan (FAPET). Berikut daftar nama-nama 7 guru besar baru :

1. Prof. Dr. Dra. Heriberta, M.E. (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

2. Prof. Dr. Ade Octavia, S.E., M.M. (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

3. Prof. Dr. Ir. Ajidirman, M.P. (Fakultas Pertanian)

4. Prof. Dr. Ir. Rainiyati, M.Si (Fakultas Pertanian)

5. Prof. Dr. Ir. Rosyani, M.S. (Fakultas Pertanian)

6. Prof. Dr. Ir. Eliyanti, M.Si. (Fakultas Pertanian)

7. Prof. Dr. Ir. Hutwan Syarifuddin, M.P. (Fakultas Peternakan)

Penambahan Guru Besar ini menjadi langkah strategis UNJA untuk memperkuat basis akademik dan memperluas jaringan penelitian. UNJA berkomitmen untuk menciptakan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hafrida, S.H., M.H. mengungkapkan kebanggaan dan harapannya. Profesor merupakan gelar tertinggi bagi seorang dosen yang pencapaiannya melalui perjalanan panjang karir seorang dosen. Oleh sebab itu kualitas dan kuantitas guru besar merupakan salah satu tolok ukur dari kualitas Perguruan Tinggi. “Penambahan 7 Guru Besar pada Universitas Jambi tentu saja merupakan suatu kebanggaan dan diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi dalam pelaksanaan Tri Dharma. Kualitas dari suatu Perguruan Tinggi tidak cukup dilihat dari Sarana dan Prasarananya tetapi juga dari jumlah Guru Besar dan tentu saja Akreditasi Perguruan Tinggi tersebut. Penambahan Guru Besar UNJA menjadikan UNJA memiliki 73 Guru Besar saat ini tentu akan melengkapi kualitas Universitas Jambi yang saat ini terakreditasi UNGGUL. Sekali lagi selamat kepada 7 Guru Besar yang baru selamat dan semangat mengabdikan ilmunya demi UNJA yang lebih baik kedepannya,” sebutnya.

Dengan hadirnya guru-guru besar baru ini, UNJA berharap dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian. Penambahan ini diharapkan dapat memperkuat kualitas akademik di kampus dan memberikan kontribusi signifikan dalam pengajaran serta penelitian di berbagai disiplin ilmu, termasuk pendidikan dan lingkungan hidup. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Kategori :