Dosen Kesmas UNJA Inisiasi Pembentukan Posbindu PTM dan Sosialisasi Health Promoting University di STIKES HI

Kamis 24-10-2024,07:33 WIB
Reporter : Bakar
Editor : Setya Novanto

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu tugas dosen sebagaimana diamanahkan oleh Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan juga dengan mahasiswa. Kegiatan ini didanai oleh PNBP Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi pada Skema PPM Unggulan Program Studi. Diketuai oleh Dr. Ummi Kalsum, S.K.M., M.K.M. dengan anggota Helmi Suryani Nasution, SKM., M.Epid., Marta Butar Butar SKM., M.Epid, Rizalia Wardiah, SKM., MKM. dan M. Syukri, SKM., M.Kes (Epid) yang juga melibatkan lima orang mahasiswa dari Program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan dimulai dengan melakukan advocacy ke Ketua STIKES Harapan Ibu (HI) Jambi kemudian penjadwalan kegiatan pada bulan Juli 2024. Sosialisasi Health Promoting University kepada Dosen, tenaga kependidikan dan perwakilan mahasiswa serta inisiasi pembentukan Posbindu PTM dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2024 yang menghasilkan luaran berupa terbentuknya kader dan pengelola Posbindu PTM di STIKES Harapan Ibu Jambi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Camat Kecamatan Jambi Selatan, Kepala Seksi PTM Dinas Kesehatan Kota Jambi (Ibu Istiani, SKM.) dan Kepala Puskesmas Pakuan Baru ibu dr. Raoda. Pelatihan Kader Posbindu PTM dilakukan bekerjasama dengan Puskesmas Pakuan Baru dan Dinas Kesehatan Kota Jambi.

Kegiatan selanjutnya adalah launching Posbindu PTM dan sekaligus pelaksanaan pemantauan kesehatan civitas akademika di STIKES Harapan Ibu Jambi, sedang dalam penjadwalan ulang. Kegiatan-kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dengan antusias. 

Ketua Tim Pengabdi, Dr. Ummi Kalsum menyatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian sebelumnya tentang determinan kejadian kematian dini dan penyakit tidak menular di kalangan dosen. “Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa kematian dini pada dosen 97% diakibatkan oleh penyakit tidak menular seperti Hipertensi, DM, PJK dan penyakit-penyakit keganasan. Sehingga disarankan bagi civitas akademika melakukan perilaku CERDIK yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik (olahraga), Diet gizi seimbang, istirahat yang cukup serta kelola stress,” katanya.

Sementara itu, H. Subakir, SKM., M.Kes, selaku Ketua Stikes Harapan Ibu Jambi menyambut baik kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh Dosen-dosen dari Universitas Jambi. “Kami sangat berterima kasih atas inisiasi pembentukan Posbindu PTM dan juga sosialisasi HPU di Stikes HI ini karena sebelumnya memang belum pernah dilakukan, harapan saya semoga dapat diterapkan dan dilaksanakan sebagai upaya pencegahan PTM dan meningkatkan kesehatan para dosen dan seluruh civitas akademika di kampus ini, juga bagi masyarakat sekitar kampus ini juga dapat ikut serta memanfaatkannya nanti,” pungkasnya.

Kegiatan pengabdian ini sempat tertunda selama satu bulan, dikarenakan kesibukan masing-masing kampus dalam menyiapkan akreditasi institusinya. Tim Pengabdi berharap agar kegiatan ini dapat berkesinambungan dan masyarakat dapat melakukan kegiatan pemantauan kesehatan di Posyandu PTM yang akan segera dilaunching di akhir bulan Oktober 2024. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Kategori :