Apresiasi Peran Jurnalistik, BPJS Ketenagakerjaan Kembali Gelar Lomba Tulis Berhadiah Total Rp90 juta

Rabu 23-10-2024,13:22 WIB
Reporter : Bakar
Editor : Setya Novanto

JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dalam rangka memperingati HUT ke-47 dan memberikan penghargaan atas peran jurnalis, BPJS Ketenagakerjaan menggelar Lomba Tulis Jurnalistik 2024 yang berlangsung dari September hingga November 2024. Lomba ini bertujuan untuk mendorong penyebaran informasi yang mendidik masyarakat mengenai pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan serta risiko yang dihadapi para pekerja.

 

Deputi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Oni Marbun, dalam keterangannya kepada pers menyampaikan bahwa tema lomba tahun ini adalah "Kontribusi Terbaik Sejahterakan Pekerja." Lomba ini diharapkan dapat menggali dan menyoroti kontribusi nyata berbagai pihak dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja Indonesia melalui jaminan sosial.

 

“Kami sangat mengapresiasi peran jurnalis, khususnya dalam membantu kami menyampaikan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Seluruh pekerja Indonesia dari Sabang sampai Merauke harus kita edukasi untuk terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan. Lomba ini bentuk apresiasi kami sekaligus kami berharap dapat memperkuat sinergi antara BPJS Ketenagakerjaan dengan media dan jurnalis itu sendiri,” jelas Oni Marbun.

 

Penilaian lomba akan dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari para ahli dan praktisi terkemuka di bidangnya. Di antaranya Muhammad Zuhri, Ketua Dewan BPJS Ketenagakerjaan, dengan pengalaman dan pengetahuan mendalam tentang kebijakan ketenagakerjaan; Budiman Tanuredjo, jurnalis senior berpengaruh di dunia media; serta Timboel Siregar, pakar jaminan sosial dan ketenagakerjaan, yang akan mengevaluasi artikel dari segi dampaknya terhadap pemahaman publik tentang perlindungan sosial.

 

Dengan total hadiah sebesar Rp90 juta, lomba ini terdiri dari tiga kategori utama: Media Online Hardnews, yang menilai berita yang menyajikan informasi terkini tentang jaminan sosial ketenagakerjaan; Media Cetak Hardnews, yang berfokus pada berita cetak terkait kebijakan dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan; dan kategori Media Online/Cetak Feature, yang menilai artikel mendalam tentang dampak jaminan sosial bagi pekerja. Kategori Feature menawarkan hadiah lebih besar daripada kategori lainnya karena menyoroti cerita inspiratif dan dampaknya.

 

Lomba ini juga menjadi ajang untuk mempererat hubungan antara BPJS Ketenagakerjaan dan media. Pendaftaran lomba telah dibuka, dan para jurnalis diharapkan untuk segera mendaftarkan karya terbaik mereka. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan detail lomba, kunjungi laman https://microsite.kompas.tv/lomba-jurnalistik-bpjs.

 

Sementara itu, Seto Tjahjono, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jambi, turut mengajak jurnalis di wilayah Jambi untuk ikut berpartisipasi. “Kami berharap rekan-rekan media di Jambi dapat turut serta dalam lomba ini, mengangkat cerita-cerita inspiratif mengenai pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan kontribusi jurnalistik lokal dalam meningkatkan kesadaran akan perlindungan pekerja,” ujarnya. (*/kar)

Kategori :