Tingkatkan Sinergi, KPPN Kuala Tungkal Gelar Rangkaian Kegiatan Bersama Stakeholders

Jumat 18-10-2024,15:25 WIB
Reporter : Gatot Sunarko
Editor : Misriyanti

KUALATUNGKAL, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kuala Tungkal, di bawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang bertugas mengelola dan menatausahakan penyaluran anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), telah melaksanakan rangkaian kegiatan dengan stakeholders. 

Rangkaian kegiatan terdiri dari senam pagi bersama, press release kinerja APBN, dan pemberdayaan UMKM. Kegiatan dilaksanakan pada Jumat, 18 Oktober 2024 di KPPN Kuala Tungkal dan bertujuan untuk memperkuat sinergi dengan berbagai stakeholder serta menampung feedback dalam meningkatkan layanan publik.

Acara dihadiri oleh pimpinan dan perwakilan berbagai satuan kerja Kementerian/Lembaga, sektor perbankan baik BUMN maupun BUMD, Organisasi Perangkat Daerah dari Pemkab Tanjab Barat dan Tanjab Timur, serta UMKM binaan KPPN Kuala Tungkal.

Kepala KPPN Kuala Tungkal, Yongki Andrea, dalam paparan materi menjelaskan terkait kinerja APBN lingkup KPPN Kuala Tungkal yang terdiri dari belanja ke kementerian/lembaga serta pemerintah daerah melalui transfer ke daerah. 

"Total pagu dana yang dikelola adalah Rp2,916 triliun dan telah disalurkan sebanyak Rp2,183 triliun atau setara dengan 74,86% dari pagu. Adapun untuk pendapatan negara sudah direalisasikan penerimaan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebanyak Rp20,868 miliar rupiah dan penerimaan perpajakan sebesar Rp586, 170 miliar, " Ujarnya. 

Turut juga dipaparkan capaian output dalam pelaksanaan Dana Alokasi Khusus Fisik yang merupakan salah satu komponen dalam transfer ke daerah pada Kabupaten Tanjab Barat dan Tanjab Timur yang terdiri dari berbagai bidang yaitu, Pendidikan, Kesehatan & Keluarga Berencana, Jalan, Pertanian, dan Irigasi.

Yongki berharap, kegiatan ini dapat mempererat koordinasi dan kolaborasi antara KPPN dengan semua stakeholder, sehingga APBN dapat berkontribusi optimal terhadap kesejahtraan rakyat di Kabupaten Tanjab Barat dan Tanjab Timur.

" dengan kegiatan seperti yang kita laksanakan hari ini, Tentunya kita dapat masukkan masukan serta mempererat tali silaturahmi, " Harapnya. 

Para peserta memberikan apresiasi terhadap layanan KPPN Kuala Tungkal selama ini dalam rangka pengelolaan APBN. Dengan demikian, diharapkan pelayanan KPPN menjadi lebih baik, memuaskan, dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Pemda Tanjab Barat dan Tanjab Timur.(Sun)

Kategori :