Pj Wali Kota Apresiasi Kelompok Tani Tingkatkan Produksi Komoditas Penyumbang Inflasi

Selasa 15-10-2024,19:04 WIB
Reporter : M Hafizh Alatas
Editor : Setya Novanto

 

Dikesempatan itu, Pj Wali Kota juga mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan panen bersama kelompok tani tersebut. 

 

"Semoga gerakan ini dapat memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan perkarangan yang kosong dengan bertanam berbagai komoditi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian rumah tangga," tukasnya. 

 

Sebelumnya, dalam laporan pelaksanaan, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Evridal Asri menuturkan, lahan pertanian kota Jambi saat ini secara keseluruhan tercatat seluas 527 hektar yang tersebar di 4 Kecamatan dalam Kota Jambi. 

 

"Luasan lahan pertanian ini naik dari tahun sebelumnya seluas 520 hektar. Ini merupakan wujud sinergi kita bersama semua pihak dalam mengoptimalkan potensi lahan pertanian kota Jambi," tuturnya. 

 

"Adapun untuk sebaran wilayah pertaniannya ada di Kecamatan Pelayangan, Danau Teluk, Telanaipura dan Jambi Timur. Semoga kedepan akan bisa terus dimanfaatkan, sehingga dapat mencukupi kebutuhan masyarakat kota Jambi khususnya," lanjutnya.

 

Dia juga menyampaikan, dikawasan Kelurahan Tanjung Sari dikelompok Tani Rukun Jaya ini ada seluas 103 hektar lahan pertanian padi  yang akan dilakukan panen secara bertahap. 

 

"Alhamdulillah hasilnya memuaskan, walaupun produksinya tidak sama dengan tahun lalu, karena disebabkan musim kemarau beberapa waktu yang lalu," ucapnya. 

 

Evridal juga menjelaskan, selama dilanda musim kemarau pemerintah kota Jambi juga telah menyalurkan berbagai bantuan bagi para petani. Salah satunya pemberian bibit padi unggul yang bersertifikat, pupuk dan sarana prasarana lainnya kepada kelompok Tani. 

Kategori :