Pj Wali Kota Apresiasi Kelompok Tani Tingkatkan Produksi Komoditas Penyumbang Inflasi

Selasa 15-10-2024,19:04 WIB
Reporter : M Hafizh Alatas
Editor : Setya Novanto

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-  Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih melakukan panen padi bersama Kelompok Tani Rukun Jaya dikawasan Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Jambi Timur, pada Selasa pagi (15/10/2024).

 

Turut hadir pada kegiatan itu, Ketua DPRD Kota Jambi Faried Alfarelly, perwakilan unsur Forkopimda kota Jambi, Sekda Kota Jambi A Ridwan, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP PKK Kota Jambi Sri Hartati Ridwan, Kabag Setda Kota Jambi, unsur TPID Kota Jambi, Camat dan Lurah di Kecamatan Jambi Timur, para Ketua Forum RT serta Kelompok Wanita Tani Kecamatan Jambi Timur. 

 

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Sri Purwaningsih mengapresiasi kegiatan panen padi bersama itu. Ia menyebut hal itu merupakan wujud dari kerja keras, kerja cerdas yang berkelanjutan dilakukan Pemerintah Kota Jambi bersama stakeholder dan masyarakat dalam rangka pengendalian inflasi. 

 

"Tercatat pada Sepetember 2024 ini kota Jambi berhasil menurunkan inflasi sebesar 1,65 persen, dimana angka tersebut berada dibawah inflasi Provinsi dan Nasional," ujarnya. 

 

Dia menyebut, Kota Jambi dengan lahan terbatas, namun tetap mengoptimalkan lahan-lahan tidur untuk disiapkan menjadi wilayah pertanian adalah bukti komitmen yang kuat dari Pemerintah dalam mendukung kestabilan perekonomian untuk kebutuhan masyarakat. 

 

"Rapat rutin yang terus dilakukan oleh Tim Pengendali Inflasi dan anggaran terpadu untuk inflasi Kota Jambi serta sidak yang dilakukan secara kontinyu adalah wujud nyata kepedulian dan kolaborasi dalam menstabilkan harga, terutama berkaitan dengan komoditas penyumbang inflasi," sebutnya. 

 

Lebih lanjut Sri menambahkan, berbagai cara juga telah dilakukan dalam mengoptimalkan keterbatasan lahan pertanian di Kota Jambi, salah satunya dengan "Gerakan Ayo Menanam" yang merupakan langkah alternatif guna meningkatkan produksi komoditas penyumbang inflasi, seperti cabe, bawang merah, padi dan lainnya. 

 

"Gerakan ini yang diharapkan dapat secara luas dilakukan oleh masyarakat dengan memanfaatkan setiap jengkal lahan yang dimiliki, termasuk pemanfaatan polybag untuk penanaman lahan terbatas," tambahnya. 

Kategori :